PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL FADNUR AISYAH MEDAN

  • Veryawan .
  • Anita Yus
  • Yasaratodo Wau

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berhitung anak yang belajar dengan model pembelajaran Make a match dan model pembelajaran ekspositori, perbedaan kemampuan berhitung anak yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah dan interaksi antara model pembelajaran Make a match dengan minat belajar anak terhadap kemampuan berhitung anak. Metode penelitian quasi eksperimen, populasi 43 anak, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah rata-rata kemampuan berhitung anak yang belajar dengan model pembelajaran make a match lebih tinggi dari pada kemampuan anak yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori, rata-rata kemampuan berhitung anak dengan minat belajar tinggi lebih tinggi dari pada kemampuan berhitung anak dengan minat belajar rendah dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berhitung anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 27, 2018
How to Cite
., Veryawan; YUS, Anita; WAU, Yasaratodo. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL FADNUR AISYAH MEDAN. Jurnal Aṭfālunā, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 2-9, apr. 2018. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/afna/article/view/406>. Date accessed: 17 dec. 2018.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times