MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 2 Playen Yogyakarta)

Main Article Content

Nurul Faiqah

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang Prosesi Pembelajaran Bahasa Arab ditinjau dari salah satu elemen manajemen pendidikan yaitu dorongan atau arahan (actuating). Manajemen pembelajaran bahasa Arab sangat penting dalam mengantarkan tujuan pembelajaran bahasa Arab yang efektif dan efisien. Disamping itu juga sebagai upaya mendesain pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan (active and joyful learning) di kelas. Seluruh komponen pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 2 Playen terlihat saling integratif, sinergis dan proposional. Setelah dilakukan analisa terkait manajemen pembelajaran bahasa Arab di kelas dari perspektif arahan atau dukungan. Dalam hal ini, guru memiliki strategi dan cara menajamen pembelajarannya sendiri. Guru mengambil peran dan modelnya sebagai pemberi arahan dan dukungan bagi sisiwa dalam belajar bahasa Arab, diantaranya Guru sebagai motivator, gaya mengajar guru dan gaya kepemimpin guru di kelas.

Article Details

How to Cite
FAIQAH, Nurul. MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH. At-Tafkir, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 64-85, oct. 2017. ISSN 2620-5858. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/232>. Date accessed: 26 june 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.