Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Eksplorasi di TK Sandhy Putra Medan

  • Ade Tursina Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Rendahnya kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Sandhy Putra Medan, (2) Sistem pendidikan yang lebih memfokuskan pada kemampuan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung (calistung), (3) Kurangnya fasilitas penunjang yang dapat mengembangkan kreativitas anak, (4) Anak kurang mendapat motivasi dari guru dalam mengembangkan kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan permainan eksplorasi “bermain pasir” di TK Sandhy Putra Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang dugunakan adalah observasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Sandhy Putra Medan, yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Sandhy Putra Medan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi perkembangan kreativitas anak dengan indikator sebagai berikut: rasa ingin tahu yang besar, orisinalitas tinggi, bersifat imajinatif, tekun dan tidak mudah bosan belajar, berani mengambil resiko, dan kaya inisiatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2018
How to Cite
TURSINA, Ade. Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Eksplorasi di TK Sandhy Putra Medan. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-12, june 2018. ISSN 2655-8572. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/767>. Date accessed: 18 mar. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.767.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times