Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Eksplorasi

Main Article Content

Ade Tursina

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) rendahnya kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Sandhy Putra Medan, (2) sistem pendidikan yang lebih memfokuskan pada kemampuan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung, (3) kurangnya fasilitas penunjang yang dapat mengembangkan kreativitas anak, (4) kurangnya motivasi dari guru dalam mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan permainan eksplorasi bermain pasir di TK Sandhy Putra Medan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Sandhy Putra Medan, yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Sandhy Putra Medan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi perkembangan kreativitas anak dengan indikator sebagai berikut: rasa ingin tahu yang besar, orisinalitas tinggi, bersifat imajinatif, tekun dan tidak mudah bosan belajar, berani mengambil resiko, dan kaya inisiatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles