Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK IT Plus Mutiara (Studi Kasus Kelas B)

  • Anggria Novita

Abstract

Artikel ini dimaksudkan untuk mengungkap pentingnya kesadaran orang tua dalam memahami pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua merupakan pendidikan pertama dan guru merupakan pendidikan kedua bagi anak usia dini.


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang berbentuk studi kasus. Data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara dengan orang tua dan guru. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak yaitu sebagai: (observer, motivator, fasilitator, madrasah, dan problem solver); (2) Dampak peran orang tua terhadap perkembangan kognitif anak yaitu: (Anak termotivasi untuk belajar di rumah, anak menjadi lebih kritis, anak menjadi lebih aktif, anak mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil pembelajaran, anak mampu mengemukakan cita-cita, dan anak mampu memunculkan karakter tanggung jawab dan percaya diri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2018
How to Cite
NOVITA, Anggria. Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK IT Plus Mutiara (Studi Kasus Kelas B). Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 13-27, june 2018. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/769>. Date accessed: 22 jan. 2019.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times