Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Anak melalui Kegiatan Teknik Kolase di Kelompok B TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan Tahun 2018/2019

  • Yulida Yulida Universitas Terbuka
  • Veryawan Veryawan

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya tingkat kreatifitas seni anak melalui kegiatan teknik kolase pada kelompok B di TK Kartika I-49  Padangsidimpuan. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana meningkatkan kreatifitas seni anak melalui kegiatan teknik kolase. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Pemantapan Kemampuan Profesional yang terdiri dari dua observasi yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek peneliti adalah anak kelompok B di TK Kartika I-49  Padangsidimpuan dengan menggunakan instrumen yaitu lembar observasi dan analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis data kualitatif yang dapat dilihat dari kreatifitas seni anak melalui kegiatan teknik kolase dan data kuantitatif yang telah dihitung dengan rumus. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kemampuan halus anak  meningkat setelah melakukan tindakan . setelah melakukan penelitian siklus I diperoleh 44% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Disimpulkan bahwa kreatifitas seni anak melalui kegiatan teknik kolase kelompok B di TK Kartika I-49  Padangsidimpuan mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2018
How to Cite
YULIDA, Yulida; VERYAWAN, Veryawan. Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Anak melalui Kegiatan Teknik Kolase di Kelompok B TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan Tahun 2018/2019. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 28-37, june 2018. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/770>. Date accessed: 22 jan. 2019.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times