Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak X

  • Wan Chalidaziah Universitas Negeri Padang

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan suatu komponen penting dalam proses belajar, dengan konsentrasi belajar yang tinggi pada setiap anak maka mampu mendukung anak agar siap menuju pendididikan yang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana kondisi konsentrasi belajar anak usia dini di taman kanak-kanak X sebelum memasuki usia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode penelitian deskriptif disertai dengan wawancara singkat dengan guru kelas di taman kanak-kanak X. Sample penelitian berjumlah 25 orang anak usia dini dengan menggunakan instrumen psikologis NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test) sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian ini ialah secara umum konsentrasi belajar anak usia dini taman kanak-kanak X berada pada kriteria baik dan masih terdapat konsentrasi belajar anak yang berada pada kriteria ragu serta ada pula beberapa anak yang memiliki kriteria konsentrasi belajar belum siap untuk melajutkan pendidikan lanjutan di sekolah dasar. Penulis menyarankan agar penelitian lanjutan dapat meneliti lebih lanjut mengenai cara yang tepat guna meningkatkan konsentrasi anak usia dini di taman kanak-kanak X.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2018
How to Cite
CHALIDAZIAH, Wan. Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak X. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 38-42, june 2018. ISSN 2655-8572. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/771>. Date accessed: 18 mar. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.771.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times