Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Template Enlighten


Judul Naskah Publikasi Maksimum 12 Kata dlm bhs.Ind


(Center, Times New Roman 18, maks 12 kata Bhs. Ind. or 10 words in English  )


 


First Author*1, Second Author2, Third Author3


1,2Institution/affiliation; addres, telp/fax of institution/affiliation


3Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, FUAD IAIN Langsa, Aceh


e-mail: *1xxxx@xxxx.xxx, 2xxx@xxxx.xxx, 3xxx@xxxx.xxx


 


Abstract


 A maximum 200 word abstract in English in italics with Times New Roman 11 point. Abstract should be clear, descriptive, and should provide a brief overview of the problem studied. Abstract topics include reasons for the selection or the importance of research topics, research methods and a summary of the results. Abstract should end with a comment about the importance of the results or conclusions brief.


Keywords : Self Confidence, Perception, Responding Activity


 


Abstrak


Abstrak Bahasa Indonesia juga dicantumkan


 


PENDAHULUAN


 


Pendahuluan berisikan latar belakang penelitian, dan tujuan penelitian. Pengutipan menggunakan sistem body note. Ukuran huruf 11 Times News Roman spasi 1.  Contohnya: Kegiatan merespon merujuk pada tiga bentuk kegiatan belajar yaitu: menanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat (Prayitno dkk., 2002:5). Hal tersebut terlihat pada alur pembelajaran dalam pengembangan Kurikulum 2013 dengan pendekatan scientific. Pada pendekatan ilmiah kegiatan merespon menjadi salah satu tolok ukur kemajuan belajar,  yang dimulai dari mengamati, menanya, mencobakan, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan (Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013).


kegiatan merespon dalam pembelajaran di SMA Negeri 8 Padang. Tujuan Penelitian ini antara lain: (1)......................, (2)


 


Rx1y
















Program Pelayanan BK



 

Rx1x2y












 
   

 


 


Rx2y


 


Gambar 1. Kerangka Berpikir


 


METODOLOGI


Jelaskanlah metodologi penelitian yang digunakan. Misalnya:


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 8 Padang yang berjumlah 480 orang, sampel berjumlah 218 orang, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah  skala model likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan ganda. Analisis data dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 17.00.


Penulisan rumus seperti contoh rumus Slovin (Yusuf, 2013:169) di bawah ini:


s =


 


HASIL PENELITIAN


Cantumkanlah hasil penelitian secara keseluruhan, misal muali dari deskripsi data, pengujian persyaratan analisis, maupun pengujian hipotesis.


Deskripsi Data


Data dalam penelitian ini meliputi variabel kepercayaan diri (X1), persepsi siswa tentang kegiatan merespon (X2), dan kegiatan merespon dalam pembelajaran (Y). Berikut ini dikemukakan deskripsi data hasil penelitian.


Contoh:


 



  1. Kepercayaan Diri (X1)


 


Deskripsi data kepercayaan diri yang berjumlah 218 responden dapat dilihat pada Tabel 1.


Tabel 1. Distribusi Frekuensi dan Persentase Kepercayaan Diri


 















































Interval Skor



Kategori



Frekuensi



%



≥ 59



Sangat Tinggi



  10



  4.6



47 - 58



Tinggi



175



80.2



35 - 46



Sedang



  33



15.2



23 - 34



Rendah



   0



0



≤ 22



Sangat Rendah



   0



0



Total



218



100



 


 


 


 


Pengujian Persyaratan Analisis Data


Uji persyaratan analisis yang dilakukan pada data penelitian dijelaskan.  contohnya


 



  1. Uji Normalitas


 


Pengujian normalitas dilakukan dengan menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov. Jika Asymp. Sig. atau P-value > dari 0.05 (taraf signifikansi), maka data berasal dari populasi yang berdistribusi normal.


 



  1. Uji Linieritas


 


Uji linieritas dalam penelitian ini memanfaatkan program SPSS versi 17.00. Jika nilai Fhitung > Ftabel, maka dinyatakan linier, dan sebaliknya jika nilai Fhitung < Ftabel, maka dinyatakan tidak linier (Yusuf, 2013:290).


 



  1. Uji Multikolinieritas


Berdasarkan uji multikolinieritas diperoleh nilai VIF kepercayaan diri sebesar


PEMBAHASAN


Pembahasan penelitian mulai dari analisis deskriftif sampai pada pengujian hipotesis. Misalnya:



  1. Kepercayaan Diri


meningkatkan kegiatan merespon dalam pembelajaran, dapat diupayakan dengan meningkatkan kepercayaan diri dan mengupayakan siswa mempunyai persepsi yang positif.


 


KESIMPULAN


Tuliskanlah kesimpulan hasil temuan penelitian maupun analisis kajian.


 


SARAN


Saran yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian dan maupun analisis kajian.


 


DAFTAR RUJUKAN


Sitasi dan referensi harus mengikuti APA (American Psychological Association) style. Untuk melihat secara konkret contohnya dapat dilihat di websitenya (http://www.apastyle.org/pubmanual.html). Untuk contohnya dapat juga dilihat di bawah ini:


 


Book with one author:


 


Yusuf, A. Muri. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.


 


Book with two authors:


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.


Book with more than two authors:


Prayitno., Wibowo, Mungin., Ifdil. (2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.


Tesis tidak diterbitkan:


Rahmi,  A. (2010). “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Menjawab Pertanyaan Mahasiswa”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.


 


Disertasi tidak diterbitkan:


Nirwana, H. (2003). “Hubungan Tingkat Aspirasi dan Persepsi tentang Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMU yang Berlatar Belakang Budaya Minangkabau dan Batak”. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.


 


Artikel Jurnal Publikasi:


Pohan, Rizky. Andana. (2016). “Kontribusi Kepercayaan Diri dan Persepsi Siswa Terhadap Kegiatan Merespon dalam Pembelajaran Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling”.    Journal Penelitian Bimbingan dan Konseling, (Online), Vol. 1, No. 2, (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/1872.


 


Artikel Prosiding publikasi:


Pohan, Rizky Andana. (2018). “Sistem Pelayanan Konseling Bagi Siswa Berkesulitan Belajar”. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, (Online), Vol. 1,  No. 1 (http://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/85.