Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru tahfidz dan pelaksanaan program tahfidz Qur’an di SMP Muhammadiah Langsa Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kinerja guru tahfidz dalam program tahfidz Quran sudah dalam kategori baik, ini dilihat dari pembinaan guru tahfidz dalam membina siswa menghafal al-quran dengan menggunakan media rekaman imam-imam terkenal dan variasi metode pengajaran/pembinaan yang digunakan serta didukung dengan motivasi-motivasi yang diberikan kepada siswa agar terus meningkatkan hafalannya dengan sebaik mungkin.Pelaksanaan program tahfidz Quran yang telah dijalankan selama kurang lebih 1 tahun belakangan ini juga dalam kategori berjalan efektif, walaupun disamping itu terdapat berbagai macam kendala yang dihadapi, namun program tahfidz quran yang berlangsung sudah cukup baik. Hal ini ditandai dengan perincian yang peneliti temukan di lapangan bahwa Dari 18 siswa, 6 orang sudah menghafal 3 juz, 2 orang masih menghafal 1 juz dan 10 orang sudah menghafal 2 juz yang telah dicapai dalam 1 tahun belakangan ini. Bahkan dalam bulan Ramadhan yang lalu mereka dibimbing untuk menambah hafalannya 1 juz. Guru tahfidz telah melaksanakan upaya-upaya yang sangat baik bagi kemajuan siswa dalam menghafal Al-Quran dan hal ini sangat sesuai dengan tujuan program tahfidz quran yaitu mencetak hafidz/hafidzah yang berkualitas.

Keywords

Guru Tahfidz Program Tahfidz Qur’an

Article Details

How to Cite
., F. M. dan A. N. S. (2018). KINERJA GURU TAHFIDZ DALAM PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 391-413. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/322