PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MAN KOTA LANGSA PROVINSI ACEH

  • Tarmizi . MAN 1 Langsa

Abstract

Tujuan penelitian quasi - eksperimental ini adalah untuk mengetahui : (1) hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan dengan  strategi pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar Ekonomi siswa dengan  kemandirian belajar tinggi dan siswa dengan kemandirian belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan hasil belajar Ekonomi siswa. Populasi penelitian adalah para siswa MAN Kp. Teungoh. Berdasarkan teknik cluster random sampling sampel yang terpilih untuk kelas yang diajarkan dengan strategi strategi pembelajaran Ekspositori adalah siswa Kelas XI - 1 MAN Kp. Teungoh dengan 40 siswa. Data dianalisis dengan, ANAVA  2  jalur pada tingkat signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) nilai rata - rata hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori adalah  = 26, 92 dengan Fhitung = 29,57 > Ftabel = 3,968 (2) nilai rata - rata hasil belajar Ekonomi siswa dengan kemandirian belajar rendah adalah  = 26, dengan Fhitung = 4,43 > Ftabel = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa dengan Fhitung = 7, 18 > Ftabel = 3,968. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan karakterisitik kemandirian belajar rendah strategi pembelajaran yang tepat adalah Ekspositori. Implikasinya adalah para guru harus memahami karakterisitik siswa dan mereka harus dilatih untuk mengetahui karakteristik siswa. Dengan demikian, disarankan untuk keberhasilanproses pembelajaran, para guru harus memperhatikan karakteristik belajar siswa dan menerapkan beberapa strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 14, 2018
How to Cite
., Tarmizi. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MAN KOTA LANGSA PROVINSI ACEH. Al - Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 598-609, aug. 2018. ISSN 2550-0686. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/497>. Date accessed: 13 dec. 2018.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times