PROFESIONALITAS GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK IBTIDAIYAH

  • DYAH PRAVITASARI UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Pemerintah telah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dengan adanya program sertifikasi guru. Program sertifikasi guru merupakan upaya untuk mendapatkan guru yang profesional. Oleh karena itu guru sebagai sosok yang profesional harus memiliki kompetensi dan kinerja yang sesuai dengan tuntutan pekerjaanya sehingga mempunyai kewenangan yang jelas. Dengan adanya sertifikasi atau guru yang profesional pemerintah berharap guru dapat meningkatkan mutu pendidikan. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana guru yang telah bersertifikasi di dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya anak Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah meteode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memaparkan bahwa ada beberapa guru yang belum memenuhi semua kriteria guru profesioanal, seperti belum mampu menggunakan metode pembelajaran yang efektif, kurangnya pemahaman guru terhadap penggunaan IPTEK, kurangnya kesadaran guru untuk meningkatkan kualitas dirinya dan kurangnya kesadaran guru terhadap tugas dan fungsinya sesuai dengan jabatan yang diembanya. Sehingga dengan begitu, berdampak terhadap siswa yakni minat belajar siswa menjadi kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2018
How to Cite
PRAVITASARI, DYAH. PROFESIONALITAS GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK IBTIDAIYAH. Al - Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 524-538, nov. 2018. ISSN 2550-0686. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/559>. Date accessed: 20 feb. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times