PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATERI AJAR MATEMATIKA

  • Efriyanti . UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Pendidikan di Indonesia berkembang setiap periode yang berimbas pada perkembangan kurikulum yang diberlakukan. Perubahan kurikulum yang bertingkat berdampak pada peningkatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah serta menimbulkan banyak persepsi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Pada era saat ini Indonesia menerapkan kurikulum 2013 yang memberlakukan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik menyamarkan beberapa mata pelajaran menjadi satu dan saling berkaitan. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang masih terpisah pembelajaran satu dengan yang lainnya. Guru terus menerus menyesuaikan diri dengan konsep pembelajaran yang diberlakukan. Pembelajaran tematik berpusat pada peserta didik, pembelajaran mengharuskan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran di kelas. Dalam hal ini peran guru sebagai pendidik berpengaruh pada pembelajaran tematik dalam strategi dan metode pembelajaran dalam menanamkan sikap aktif peserta didik di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2018
How to Cite
., Efriyanti. PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATERI AJAR MATEMATIKA. Al - Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 560-572, nov. 2018. ISSN 2550-0686. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/561>. Date accessed: 19 apr. 2019.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times