PENGGUNAAN TIMBAL DALAM MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Eksperimen di SMP Swasta Dharma Patra)

  • Lia Artika
  • Sabaruddin Sabaruddin IAIN Langsa
  • Rita Sari IAIN Langsa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan TIMBAL berpengaruh dalam mengidentifikasi pemahaman konsep matematika siswa dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru saat menggunakan TIMBAL dalam mengidentifikasi pemahaman konsep siswa di SMP Swasta Dharma Patra. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMP Swasta Dharma Patra diketahui bahwa banyak siswa yang menunjukkan ketidakpahaman pada beberapa konsep matematika, contohnya sering kali penulisan simbol “=” digunakan untuk menyatakan hasil dari operasi aritmatika dari pada simbol dari kesetaraan pada matematika. Bahkan siswa yang sudah berada di sekolah menengah atas belum bisa menguasai operasi-operasi (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dalam aljabar. Alat peraga TIMBAL adalah satu alternatif yang diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mempelajari konsep-konsep aljabar yang abstrak ke arah gambaran visualisasi sehingga konsep-konsep aljabar menjadi lebih nyata dan mudah untuk dipelajari. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga TIMBAL berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa di SMP Swasta Dharma Patra. Hal ini dibuktikan berdasarkan perbandingan antara kedua nilai diperoleh –ttabel ≤ thitung ≥ ttabel yaitu -2,4305 ≤ 3,9008 ≥ 2,4305 sehingga Ha diterima dan menolak Ho dan berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas guru di kelas diperoleh skor persentase tindakan dari masing-masing pengamat yaitu skor persentase dari pengamat I mencapai 85,71% (Baik), dan skor persentase dari pengamat II mencapai 85,71% (Baik). Sedangkan untuk menghitung skor rata-rata tindakan terhadap aktivitas guru yaitu 85,71% (Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil perolehan skor rata-rata aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan TIMBAL tergolong dalam kriteria baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2019
How to Cite
ARTIKA, Lia; SABARUDDIN, Sabaruddin; SARI, Rita. PENGGUNAAN TIMBAL DALAM MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Eksperimen di SMP Swasta Dharma Patra). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika (JIMPMA), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-6, feb. 2019. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jimpma/article/view/848>. Date accessed: 22 mar. 2019.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times