PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

  • Ema Utari
  • Nurmawati Nurmawati IAIN Langsa
  • Faisal Faisal IAIN Langsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble ditinjau dari perbedaan gender. Berdasarkan hasil survey awal dan wawancara peneliti dengan guru matematika yang mengampu kelas VIII SMP Negeri 4 Langsa diperoleh informasi bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang rendah dilihat dari survey berupa pemberian test atau soal untuk menguji sejauh mana kemampuan penalaran matematis siswa pada materi sistem koordinat. Penyebab rendahnya kemampuan penalaran matematis kelas VIII SMP Negeri 4 Langsa teridentifikasi dari proses pembelajaran yang berpusat pada guru akibatnya siswa cenderung menerima materi pelajaran secara pasif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Langsa tahun ajaran 2018/2019. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 sebanyak 30 siswa, dan siswa kelas VIII 4 sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 4 soal yang telah divalidasi dengan materi sistem koordinat. Hasil penelitian diketahui bahwa penalaran matematis siswa laki-laki lebih baik daripada penalaran matematis siswa perempuan melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest kelas laki-laki dan kelas perempuan yaitu 35dan 32 dan nilai rata-rata posttest kelas laki-laki dan kelas perempuan yaitu 80,53 dan 75. Dan berdasarkan hasil analisis data diperoleh  dan , sehingga  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifkan . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penlaran matematis siswa laki-laki lebih baik daripada penalaran matematis siswa perempuan dengan menggunakan modelpemblejaran kooperatif tipe scramble.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2019
How to Cite
UTARI, Ema; NURMAWATI, Nurmawati; FAISAL, Faisal. PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika (JIMPMA), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 15-22, feb. 2019. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jimpma/article/view/850>. Date accessed: 22 mar. 2019.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times