PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK PELATIHAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU

  • Sagita Sagita
  • Nuraida Nuraida IAIN Langsa
  • Wahyuni Wahyuni IAIN Langsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan teknik pelatihan terbimbing terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Indra Makmu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan  penelitiannya menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Indra Makmu tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 180 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan satu kelas. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas X MIA 3 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan teknik pelatihan terbimbing terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Indra Makmu. Hipotesis didapat setelah melakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan Lilliefors. Apabila data tersebut telah diuji prasyaratan analisis data dan dianggap dapat dilanjutkan maka kemudian akan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh  yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan teknik pelatihan terbimbing terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Indra Makmu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2019
How to Cite
SAGITA, Sagita; NURAIDA, Nuraida; WAHYUNI, Wahyuni. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK PELATIHAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika (JIMPMA), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 37-43, feb. 2019. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jimpma/article/view/853>. Date accessed: 22 mar. 2019.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times