Section Articles

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE), PORSI BAGI HASIL DAN TINGKAT PENDAPATAN NASABAH TERHADAP TABUNGAN FIRDAUS PADA PT. BANK ACEH SYARIAH LANGSA

Muhammad Safri Antoni
Safriantoni@yahoo.com (Primary Contact)

Main Article Content

Abstract

This study aimed to test the Influence of Excellent Service Quality, Portion of Profit Sharing and Savings Income Level of Customers of Firdaus Savings at PT. Bank Aceh Syariah Langsa empirically. The method used for data analysis was OLS (Ordinary Least Square) with double linear regression estimation model based on the results of data processing by using Eviews software program. From the research result, R2 value of 0.851 was obtained. This means that approximately 85.1 percent of the proportion of independent variables used could explain the dependent variable variation in that model. Whereas the remaining of 14.9 percent was explained by other variables that were not used in this study. While the estimation results showed that the F-count was greater than the F-table (F-calculated = 22.71 > F-table = 2.67) for the function of the amount of the savings equation. It means that all independent variables used in the estimation of this analysis model namely service, profit sharing, and income jointly gave significant effect on the amount of Firdaus Savings at PT. Bank Aceh Syariah Langsa. Thus the Coefficient of service showed a value of 1.028 which means that the higher the level of service which was equal to 1.028 percent, the savings would increase the amount of Firdaus Savings at PT. Bank Aceh Syariah Langsa for about 1.028 percent and was elastic, the Coefficient of profit sharing showed a value of 1.425 which means that any increase of profit sharing in the yield of 1.425 percent, the savings would increase the amount of Firdaus Savings at PT. Bank Aceh Syariah Langsa for about 1.425 percent and was elastic. The Coefficient of income showed a value of 0.737 which means that any increase in revenues of 0.737 percent, the savings would increase the amount of Firdaus Savings at PT. Bank Aceh Syariah Langsa for about 0.737 percent and was inelastic. Service is one of the dominant factors that affect the amount of savings in Islamic banks, then it must be put into consideration by any Islamic banks to keep improving their services.


Keyword: Excellent Service Quality, Portion of Profit Sharing, Savings Income Level of Customers, Firdaus Savings at PT. Bank Aceh Syariah Langsa


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Layanan  Prima, Porsi Bagi Hasil dan Tingkat Pendapatan nasabah terhadap tabungan firdaus di PT. Bank Aceh Syariah Langsa secara empiris. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah OLS (Ordinary Least Square) dengan model estimasi regresi linier ganda berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan program perangkat lunak Eviews. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai R2 0,851. Ini berarti bahwa sekitar 85,1 persen dari proporsi variabel independen yang digunakan dapat menjelaskan variasi variabel dependen dalam model itu. Sedangkan sisanya 14,9 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan hasil estimasi menunjukkan bahwa F-hitung lebih besar dari F-tabel (F-hitung = 22,71> F-tabel = 2,67) untuk fungsi jumlah persamaan tabungan. Ini berarti bahwa semua variabel independen yang digunakan dalam estimasi model analisis ini yaitu layanan, bagi hasil, dan pendapatan secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah Tabungan Firdaus di PT. Bank Aceh Syariah Langsa. Dengan demikian Koefisien layanan menunjukkan nilai 1,028 yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat layanan yang sama dengan 1,028 persen, akan meningkatkan jumlah Tabungan Firdaus di PT. Bank Aceh Syariah Langsa sekitar 1,028 persen dan elastis, Koefisien pembagian keuntungan menunjukkan nilai 1,425 yang berarti bahwa setiap peningkatan pembagian keuntungan dalam hasil 1,425 persen, akan meningkatkan jumlah Tabungan Firdaus di PT. Bank Aceh Syariah Langsa sekitar 1,425 persen dan elastis. Koefisien pendapatan menunjukkan nilai 0,737 yang berarti bahwa setiap peningkatan pendapatan sebesar 0,737 persen, akan meningkatkan jumlah Tabungan Firdaus di PT. Bank Aceh Syariah Langsa sekitar 0,737 persen dan tidak elastis. Layanan adalah salah satu faktor dominan yang mempengaruhi jumlah tabungan di bank syariah, maka harus dipertimbangkan oleh bank syariah mana pun untuk terus meningkatkan layanan mereka.


Kata kunci: Kualitas Layanan Sangat Baik, Porsi Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan Tabungan Pelanggan, Tabungan Firdaus di PT. Bank Aceh Syariah Langsa

Keywords

Excellent Service Quality Portion of Profit Sharing Savings Income Level of Customers Firdaus Savings at PT. Bank Aceh Syariah Langsa

Article Details

Author Biography

Muhammad Safri Antoni, STAI Aceh Tamiang

STAI Aceh Tamiang

How to Cite
Antoni, M. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE), PORSI BAGI HASIL DAN TINGKAT PENDAPATAN NASABAH TERHADAP TABUNGAN FIRDAUS PADA PT. BANK ACEH SYARIAH LANGSA. Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-Undangan Dan Ekonomi Islam, 10(1), 34-61. https://doi.org/10.32505/jurisprudensi.v10i1.870

References

  1. Agustianto, Percikan Pemikiran Ekonomi Islam: Respon terhadap Ekonomi Kontemporer. Disunting oleh Azhari Akmal Tarigan. (Bandung : FKEBI IAIN SU dan Cita Pustaka Media, 2002)
  2. Algifari, Analisis Regresi, Yogyakarta: BPFE, 1997.
  3. Antonio, Muhammad Syafi’i, Bank Syari’ah : Dari Teori ke Praktik, disunting oleh Dadi M.H. Basri, Farida R. Dewi. Cet.1. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
  4. Antonio, syafei, M., Bank Syari’ah Suatu Pengenalan Umum, jakarta: Tazkia Institute dan BI, 1999
  5. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
  6. Arisson Hendry dkk, Perbankan Syari’ah (Perspektif Praktisi),cet.1.Jakarta: Muamalat Institut,1999
  7. Chapra, M. Umer, Al-Qur’an Menuju Sistem Moneter yang Adil, diterjemahkan dari judul asli : Towards a just Monetery System, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa, 1997
  8. Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya Al-Jumanatul ‘Ali, Bandung: J-ART, 2004.
  9. Himpunan Undang-undang, keputusan Presiden, Qanun, intruksi Gubernur dan Edaran Gubernur berkaitan pelaksanaan Syari’at Islam, Dinsyar NAD: 2008.
  10. Djarwanto & Subagyo, Pangestu, Statistik Induktif, Yogyakarta: BPFE, 1993.
  11. Gunara, Thorik &Hardiono, U.S., Marketing Muhammad, Bandung: Takbir Publishing House, 2006
  12. Peraturan Gubernur (pergub) Aceh Nomor 46 Tahun 2009 tentang “Penggunaan sebutan nama Aceh dan gelar pejabat pemerintahan dalam tata naskah dinas di Lingkungan Pemerintah Aceh”
  13. Habib Nazir, Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankkan Syari’ah, Bandung Kaki Langit, 2004
  14. Hakim, Abdul, Statistika Deskriptif untuk Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: Ekonisia, 2001.
  15. Indriantoro, Nur & Supomo, Bambang, Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta: BPFE, 1999.
  16. Jabir, Taha, Bisnis Islam (Terjemahan), Yogyakarta: Ak Group, 2005.
  17. Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakarta:Rajawali Press.2000
  18. Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo, 1997.
  19. Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat, 2001.
  20. Muhammad, Perkembangan Bank Syari’ah, Yogyakarta :UPP AMP YKPN, 2002
  21. Santoso, Singgih, SPSS Statistik Multivariat, Jakarta: Elek Media Komputindo, 2002.
  22. Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian, Metodologi Penelitian Survei, Jakarta: Pustaka LP3ES, 1989.
  23. Sugiyono, Statistik NonParametrik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 1999.
  24. Sudardjat Ilyda, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Simpanan Mudharabah pada Bank Syari’ah di Sumatera Utara, (Tesis MSi, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2006
  25. Supranto, Johanes, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (Jakarta: Rineka Cipta, 1997
  26. Tatik Suryani, Sri Lestari, & Wiwik Lestari, "Analisis Pelayanan Mutu Total dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Usaha Perbankan di Indonesia", Surabaya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, No. 3, 2001.
  27. Tim Pengembangan Perbankan Syari’ah IBI, Konsep, produk dan Implementasi Operasional Bank Syari’ah, Jakarta : Djambatan,2001
  28. Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Offset, 1996.
  29. ________________, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Andi Offset, 1997.
  30. ________________, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
  31. Wahyuningsih, Anis, Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Berdasarkan Kualitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Karanganyar, Surakarta: Tesis Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UMS, 2002.
  32. Rahman, Afzalur, Doktrin Ekonomi Islam, diterjemahkan dari judul asli : Economic Doctrines of Islam, Jogjakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, 1996.
  33. ________________, Bank Syari’ah : Bagi Bankir & Praktisi, diterbitkan atas kerjasama Bank Indonesia dan Tazkia Institut, Jakarta, 1999.
  34. ________________, Bank Syari’ah : Wacana Ulama & Cendikiawan. Jakarta: Central Bank of Indonesia and Tazkia Institute, 1999.