PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LANGSA

Main Article Content

Suryani Suryani Iqbal Iqbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran  Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Langsa pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Dari hasil pengembilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling cara acak kelas, diperoleh kelas VII-7 dengan jumlah 26 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-6 dengan jumlah 26 orang siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi dengan taraf ( = 0,05 dan dk = ( n1 +n2 – 2 ). Dari hasil pengujian diperoleh bahwa thitung = 3,168 dan nilai ttabel = 2,732. Karena thitung > ttabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ho ditolak dan ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Laps-Heuristik sangat efektif dalam masalah–masalah yang terdapat di materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Langsa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SURYANI, Suryani; IQBAL, Iqbal. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LANGSA. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 50-56, feb. 2019. ISSN 2656-0852. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/798>. Date accessed: 20 feb. 2019.
Section
Articles