PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI SMA N 3 LANGSA

Main Article Content

Egi Novrianti Yusaini Yusaini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan media pembelajaran yaitu media Audio Visual berupa video. Media Audio Visual adalah suatu rangkaian gambar elektronis yang disertai oleh unsur suara (audio) maupun unsur gambar (visual) yang saling bersatu membentuk sebuah pesan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan One Grup Pretest-Postest Desain dengan populasinya seluruh siswa kelas X IPA 1 SMA N 3 Langsa sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk uraian terdiri dari 5 butir soalyang telah divalidasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analaisi data yang diperoleh = 24,57 dan  = 1,69 sehingga  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak pada taraf signifikan . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan media audio visual”. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media audio visual ini bahwa mereka suka mengikuti pembelajaran dengan menggunkan media berupa video sehingga lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NOVRIANTI, Egi; YUSAINI, Yusaini. PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI SMA N 3 LANGSA. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 65-72, feb. 2019. ISSN 2656-0852. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/800>. Date accessed: 20 feb. 2019.
Section
Articles