PENGARUH SELF MONITORING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KOTA LANGSA

Main Article Content

Cut Yanti Nuraida Nuraida Srimulyati Srimulyati

Abstract

Self monitoring merupakan konsep yang berhubungan dengan konsep pengaturan kesan (impression management) atau konsep pengaturan diri. Self-efficacy merupakan keyakinan diri seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam mencapai suatu tujuan berdasarkan hasil yang ditentukan. Kemampuan self-efficacy yang dimaksud dalam penelitian ini  adalah keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika ketika menyelesaikan masalah yang diberikan, menjawab pertanyaan, dan memberikan tanggapan. untuk mengetahui pengaruh Self Monitoring terhadap kemampuan self efficacy siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah VIII SMP Negeri 6 Langsa yang sedang aktif belajar pada Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 (enam) kelas yang berjumlah 124 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas kelas VIII.4 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes yang berupa angket dan lembar observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis data post-test kemampuan self efficacy matematika siswa diperoleh  dan   sehingga . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Self Monitoring terhadap kemampuan self efficacy siswa di kelas VIII SMP Negeri 6 Langsa.

Article Details

How to Cite
YANTI, Cut; NURAIDA, Nuraida; SRIMULYATI, Srimulyati. PENGARUH SELF MONITORING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KOTA LANGSA. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 73-81, feb. 2019. ISSN 2656-0852. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/801>. Date accessed: 26 june 2019. doi: https://doi.org/10.32505/al-qalasadi : jurnal ilmiah pendidikan matematika.v2i2.801.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.