EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN MANYAK PAYED

Main Article Content

Syahfitri Syahfitri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Meaningful Intructional Design (MID) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed. pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain randomized control group pretest-posttest dengan menggunakan dua kelompok penelitian. Kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran MID dan penelitian kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran MID. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed yang terdiri dari 5 (lima) kelas bejumlah 146 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas IX B. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh   dan  pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh  yaitu  dan dinyatakan  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dari model pembelajaran meaningful intrutional design (MID) terhadap hasil belajar matematika siswa VIII MTs Negeri Manyak Payed.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SYAHFITRI, Syahfitri. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN MANYAK PAYED. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 82-90, feb. 2019. ISSN 2656-0852. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/802>. Date accessed: 20 feb. 2019.
Section
Articles