Penggunaan Metode Pembelajaran Control to Free sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Report

Main Article Content

Faisal Faisal

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dirasa mampu untuk
meningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar,
karena dengan pembelajaran secara kooperatif semaksimal mungkin partisipasi siswa
dalam memperoleh pengetahuan sangat diperlukan. Oleh karena itu, metode
pembelajaran yang menjadi alternatif pilihan adalah metode control to free. Metode
pembelajaran yang akan diterapkan harus memperhatikan sasaran atau subyek pelaku
tindakan. Subyek penellitian ini adalah siswa MTsN Langsa kelas IX-1 dengan jumlah
34 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2
siklus. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan
membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan
analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal nilai rata-rata hanya sebesar 53,67.
Sedangkan pada Siklus I nilai rata-rata mencapai 61,21 dan pada Siklus II rata-rata
mencapai 85,23. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaan
metode pembelajaran control to free dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa
kelas IX-1 pada materi teks report di MTsN Langsa.
Keywords : Metode Control To Free, Kemampuan Menulis, Tek

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FAISAL, Faisal. Penggunaan Metode Pembelajaran Control to Free sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Report. At- Tarbawi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 13-24, feb. 2019. ISSN 2086-9754. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/829>. Date accessed: 22 mar. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32505/tarbawi.v10i2.829.
Section
Author