Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie <p><a href="https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/about">Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education</a>, is a journal of studies on Islamic Religious Education, Islamic Religious Education Curriculum Development, Islamic Religious Education Teacher Education, Islamic Religious Education Learning Assessment, and development of Islamic Religious Education Learning Innovation. This journal is focused on research results, both from the results of research conducted by students, teachers, lecturers, researchers, and educational practitioners related to the scope of Islamic Religious Education. AZ-Zarnuji: Journal of Islamic Education (AJIE) will be published 2 times a year in June and December.</p> en-US azzarnuji@iainlangsa.ac.id (Dr. Fakhrurrazi, S.Pd.I, MA) Al-alusi@iainlangsa.ac.id (Tajuddin Al Alusi, M.Ag) Sun, 31 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pendidikan Islam (Suatu Kajian Teoritik Mengenai Prinsip, Metode, Pendekatan dan Evaluasi Pembelajarannya) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7615 <p>Pendidikan Islam adalah pengembangan akal manusia dan penata kehidupan dalam tingkah laku serta emosional dalam agama Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menjadi sumber dasar Agama Islam. Selain mempunyai tujuan keilmuan, Pendidikan Islam juga mempunyai tujuan untuk menjadikan manusia sebagai pemimpin yang dapat melaksanakan tugasnya sebagai <em>kholifah fil ardi </em>dengan baik dan tidak menyalahi Qodratnya sebagai makhluk Allah yang sempurna dengan akalnya. Pelaksanaan pendidikan dalam Islam harus memperhatikan beberapa rambu-rambu penting yaitu: Prinsip-prinsip, Metode, Pendekatan-pendekatan serta Evaluasi. Dalam uraian tulisan ini penulis akam membahas beberapa bagian penting terkait dengan prinsip, metode dan pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk terlaksananya pendidikan dalam rangka mempersiapkan anak didik untuk memakmurkan dan menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi.</p> Fithriani Fithriani Copyright (c) 2023 Fithriani Fithriani https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7615 Sat, 16 Dec 2023 00:00:00 +0700 Analisis Pemahaman Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Bener Meriah https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7510 <p>This research aims to reveal how supervisors, principals and teachers who are members of the Driving School Learning Committee understand the implementation of the independent curriculum. The learning committee is the main actor in driving the school ecosystem alongside students, parents and the community as partners. The driving school program has been running for the 2022-2023 academic year, so it is felt that the learning committee needs to see the extent of their understanding of the new curriculum. This research is used as evaluation material for stakeholders in the implementation of the driving school program for the second year. This research was conducted using a qualitative approach using a questionnaire in the form of Google forms, interviews, observation and documentation as data mining materials. The understanding of the learning committee at the driving school in implementing the independent curriculum is at the advanced stage</p> Abdul Hafiz, Jarjani Usman, Sri Suyanta Copyright (c) 2023 Abdul Hafiz, Jarjani Usman, Sri Suyanta https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7510 Thu, 21 Dec 2023 22:37:53 +0700 Interaksi Sosial Peserta Didik pada Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter di SMP Negeri 1 Kutamakmur https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7538 <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana interaksi sosial peserta didik di lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter di SMP Negeri 1 Kutamakmur. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Wawancara dilakukan pada informan yang merupakan Kepala Sekolah, guru kelas VIII, orang tua siswa dan siswa kelas VIII yang melakukan pelanggaran-pelanggaran sekolah. Hasil penelitian adalah (1) Interaksi sosial asositif dalam bentuk kerjasama, akomodasi dan asimila yang mereka lakukan atas dasar kebersamaan dan solidaritas kelompok mengarah pada perilaku menyimpang yang melanggar aturan sekolah seperti tidak mengikuti upacara bendera, Alfa lebih dari 3 hari, terlambat lebih dari 3 kali, bolos jam pelajaran, berpenampilan yang tidak sesuai dengan aturan, hingga bermasalah dengan guru, (2) Implikasi dari interaksi social asosiatif&nbsp; Tidak terpenuhinya standar nilai pada raport siswa, rata-nilai kelas VIII yang sering melakukan pelanggaran sekolah di bawah standar nilai yang telah ditentukan sekolah. Pendidikan karakter dilakukan pada siswa SMP Negeri 1 Kutamakmur seperti pemberlakuan poin untuk karakter disiplin dan pendidikan karakter religius.</p> Iqlima Mauliza, Putri Meisa Mentari, Cut Maulida Copyright (c) 2023 Iqlima Mauliza Pascasarjana, Putri Meisa Mentari, Cut Maulida https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7538 Sun, 24 Dec 2023 23:07:12 +0700 Analisis Dampak Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlakul Karimah pada Peserta Didik https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7562 <p class="s16"><span class="s17">This research aims to obtain data relating to the impact of Islamic religious education learning in forming students' morals at SMP 28 Kerinci and can provide positive suggestions to Islamic religious education teachers, whether carried out through example, guidance or appropriate education. through the teaching and learning process in an effort to shape and improve the morals of students at SMP 28 Kerinci. Data collection was carried out through field research carried out by means of interviews, observations and distributing questionnaires. The results of this research conclude that there is a significant positive influence between Islamic religious education on the moral formation of students at SMP 28 Kerinci, stating that the alternative hypothesis is accepted and the null hypothesis is rejected. In the end, the expected goal in writing this thesis is for students to become human beings who have good morals in worship, in everyday life, towards teachers and towards fellow humans.</span></p> <p class="s16"><span class="s18">Keyword:</span><span class="s17"> Learning Islamic Religious Education, Student Morals</span></p> <p class="s16">&nbsp;</p> Nurul Liza, Putri Yulia Copyright (c) 2023 Nurul Liza, Putri Yulia https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7562 Fri, 29 Dec 2023 00:00:00 +0700 Analisis Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7560 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pendidikan agama islam adalah proses pembelajaran dan mendalam mengenai agama islam dalam aspek yang berkaitan dengan agama dan pendidikan agama islam memiliki peran sentral dan membentuk identitas keagamaan dan moral umat islam, serta membantu mereka menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama islam, hal ini dapat diajarkan diberbagai tingkatan, mulai dari pendidikan dasar hingga tingkatan perguruan tinggi, dan melibatkan guru guru agama, lembaga lembaga pendidikan dan keluarga sebagai mitra dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN 64 Koto Baru. Metode pemelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan hasil penelitian di kelas V SDN 64 Koto Baru masih ditemukan hasil belajar murid yang dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian mid semester yang mayoritas sekitar 30% dibawah kkm atau kriteria ketuntasan minimal yang seharusnya diatas KKM ternyata hasil belajarnya didapatkan dibawah 70 atau dibawah KKM.</p> <p>&nbsp;</p> Pebriana Putri Copyright (c) 2023 Pebriana Putri, putri yulia https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7560 Fri, 29 Dec 2023 00:00:00 +0700 Efektivitas Pembelajaran Kajian Keislaman di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Langsa https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7617 <p>Kajian keislaman&nbsp; di Ma'had Al-Jami'ah kampus IAIN Langsa dimulai pada tahun 2013 sejak berdirinya ma’had. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya tetap tinggal di Ma'had dengan harapan agar anaknya menjadi pelajar yang aktif dan berguna bagi masyarakat sekitar. Namun pada kenyataannya masih banyak juga mahasiswa Ma'had yang masih menyia- nyiakan waktunya selama di Ma'had dikarenakan kurang efektifnya pembelajaran di Ma'had sehingga mahasiswa akan cepat merasa jenuh dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran studi Islam di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Langsa ditinjau dari gaya belajar dan keefektifan pembelajaran ma'had mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program studi Islam di Ma'had Al-Jami'ah Langsa telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan silabus yang telah ditentukan. Pelaksanaan program studi Islam dengan ini dilaksanakan setiap malam senin dan malam jumat mulai pukul 20.00 sampai dengan 22.00. Proses pelaksanaan dimulai dengan pembelajaran sholat, evaluasi pembelajaran, kemudian penyampaian kajian tauhid dan fiqih menggunakan kitab kuning, laptop, dan power point di masjid Az-Zawiyah hingga waktu yang telah ditentukan yaitu pukul 22:00 WIB. Pencapaian target pembelajaran prodi studi Islam di Ma'had ini juga telah ditentukan, yaitu setiap mahasantri harus mampu memahami pembelajaran tauhid dan fiqih di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Langsa. Hal ini terlihat dari hasil ujian mahasantri yang dilakukan pada setiap akhir semester yang diujikan langsung dengan ustadz. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa program studi Islam di Ma'had efektif.</p> Abbiyu Dwi Rizki, Mahyiddin, Nurhanifah Copyright (c) 2023 Abbiyu Dwi Rizki, Mahyiddin, Nurhanifah https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ajie/article/view/7617 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700