Main Article Content

Abstract

Tujuan  –  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor emosional dan rasional yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Langsa 2 sebagai tempat menabung.


Metode –  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden terdiri dari empat nasabah dan satu karyawan BSI.


Hasil Penelitian – Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor emosional terhadap keputusan nasabah dalam memilih menabung di BSI KC Langsa 2 yaitu ikut-ikutan keluarga dan alasan religius. Faktor rasional terhadap keputusan nasabah dalam memilih menabung di BSI KC Langsa 2 yaitu karena kualitas pelayanan yang baik, ramah dan fasilitas yang diberikan. Selanjutnya BSI KC Langsa 2 juga menghadapi beberapa kendala dalam mempengaruhi keputusan nasabah, kendala tersebut meliputi masalah dalam bidang pelayanan, seperti panjangnya antrian, serta berbagai masalah yang berkaitan dengan nasabah itu sendiril


Keterbatasan – Keterbatasan penelitian ini terletak pada sampel yang terbatas pada satu kantor cabang BSI, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasikan ke seluruh BSI di Indonesia.


Implikasi Praktis – Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas sampel dan mengeksplorasi lebih dalam faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih bank syariah

Keywords

emosional rasional keputusan menabung

Article Details

References

  1. Akbar, Y. R., & Mar’aini, M. (2022). Desain Sistem Manajemen Antrian Pada Pelayanan Teller Bank. Jurnal Pustaka Manajemen (Pusat Akses Kajian Manajemen), 2(2). https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i2.342
  2. Ati, A., Shabri, M., Azis, N., & Hamid, A. (2020). Mediating the effects of customer satisfaction and bank reputation on the relationship between services quality and loyalty of islamic banking customers. Malaysian Journal of Consumer and Family Economics, 25.
  3. Dayyan, M., & Chalil, R. D. (2020). The Attitude Of Merchants Towards Fatwa on Riba And Convensional Bank In Langsa. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 9(1). https://doi.org/10.22373/share.v9i1.6372
  4. Dwi, J. E., & Asse, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar. Journal of Finance and Business Digital, 1(2), 71–88. https://doi.org/10.55927/JFBD.V1I2.1239
  5. El, S., & Nasution, H. (2024). Pengaruh Pendekatan Emosional dan Rasionalitas terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa FEBI UINSU). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), 291–304. https://doi.org/10.36778/JESYA.V7I1.1400
  6. Fadhilatul. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang pada Bank Syariah. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485–495. https://doi.org/10.32502/JAB.V4I1.1815
  7. Fakhri, H. O., & Indra, A. P. (2022). Analysis of Public Interest in Gold Installment Products at Bank Syariah Indonesia KCP Medan Tomang Elok. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 3(3), 909-916–909–916. https://doi.org/10.53697/EMAK.V3I3.631
  8. Fanny zahrotul jannah. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Religius Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah Pada Masyarakat Kota Surabay. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April).
  9. Fatah, A., Arif, I., Farchan, F., Varbi Sununianti, V., Amalia Madi, R., Satria, E., Fourianalistyawati, E., Bempah, I., Ermayanti Susilo, D., Ridho Kismawadi, E., Nopriadi, Sumiati, R., Novita Sari, I., Kusnadi Kusumah Putra, F., Fajrin, H., Danius, E. E., Subekti, P., Noviyanty, Y., Siregar, N., … Puspa Dewi, S. (2019). Application of knuth-morris-pratt algorithm on web based document search. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012117
  10. Gusvita, A., & Salwa, S. (2023). Analisis Penerapan Strategi Bauran Manajemen Pemasaran terhadap Produk Tabungan untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Penabung pada Bank Syariah Indonesia (BSI). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 4(1), 27–38. https://doi.org/10.57084/JMB.V4I1.939
  11. Hamid, A., Majid, M. S. Abd., & Khairunnisah, L. (2017). An Empirical Re-Examination of the Islamic Banking Performance in Indonesia. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 6(2). https://doi.org/10.6007/ijarems/v6-i2/3022
  12. Harahap, T. S. R. (2020). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Nasabah terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai Emas di PT Bank Syariah Mandiri KCP Medan Iskandar Muda. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 1. https://doi.org/10.32507/AJEI.V11I1.493
  13. Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 828–838. https://doi.org/10.30651/JMS.V7I2.12324
  14. Hasanah, A. (2023). Pengetahuan Produk dan Reputasi Bank Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Indonesia. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 4(1), 28–38.
  15. Hidayati, N., & Zulfa, K. (2024). Pengaruh Personal Selling dan Public Relation Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Easy Wadī‘ah pada BSI KCP Sumenep Trunojoyo. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.31000/ALMAAL.V5I1.10236
  16. Hisan, K., Muhaya, F., & Kamal, S. (2021). Tingkat literasi keuangan syariah santri dayah. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam). https://doi.org/10.32505/j-ebis.v6i2.3650
  17. I Made Mahastika, M., & Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Sedana di Tabanan. Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(2).
  18. Iskandar, I., Kurlillah, A., & Munadiati, M. (2023). Roles of Waqf in Supporting Economy Recovery Post Covid-19 Pandemic. ZISWAF: JURNAL ZAKAT DAN WAKAF, 10(1). https://doi.org/10.21043/ziswaf.v10i1.19824
  19. Istiqomah, N. H., Rohim, A. M., & Ulum, A. F. (2021). Religiusitas dan Persepsi Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kota Tuban. Journal Islamic Banking, 1(2), 73–78.
  20. Kamal, S., Berakon, I., Hamid, A. and Muttaqin, Z. (2023). How do muzakki pay professional zakat? (the qualitative inquiries using the Bloom model. Journal of Islamic Marketing, Vol. ahead.
  21. Kamal, S., Hidayah, N., Junaidi, & Tabrani. (2022). Expectations of Paying Zakat on Profession during the Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 6(2).
  22. Kamal, S., Muslem, M., Mulyadi, M., Kassim, E. S., & Zulkifly, M. U. (2022). Is Loan Shark an Alternative? The Intentions to Take a Loan from Loan Sharks in Indonesia. Shirkah: Journal of Economics and Business, 7(2). https://doi.org/10.22515/shirkah.v7i2.487
  23. Kamal, S., Muslem, M., Mulyadi, M. and Berakon, I. (2024). “The spirit of Islamic economics versus loan sharks: investigating intentions to use loan sharks in Aceh, Indonesia.” Journal of Islamic Marketing, ahead-of-p. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2022-0254
  24. Kamal, S., Safarida, N. and Kassim, E. S. (2024). “Investigating the role of fiqh zakat knowledge in moderating the behaviour of the Acehnese to pay zakat digitally.” Journal of Islamic Marketing, ahead-of-p. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2023-0055
  25. Kismawadi, E. R. (2023a). Contribution of Islamic banks and macroeconomic variables to economic growth in developing countries: vector error correction model approach (VECM). Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-03-2022-0090
  26. Kismawadi, E. R. (2023b). Improving Islamic bank performance through agency cost and dual board governance. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-01-2023-0035
  27. Kismawadi, E. R., Nuruddin, A., & Yusuf, M. (2017). A Stochastic Frontier Approach (SFA) For Measuring Efficiency of Syariah Rural Bank (BPRS) in Aceh, Indonesia. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(05). https://doi.org/10.9790/0837-2205073743
  28. Lesmana, C. I. (2023). Keadaan Psikologis dan Emosional Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Menabung pada Bank Syariah di Jombang – Jawa Timur. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 10(2), 140–146. https://doi.org/10.53429/JDES.V10I2.701
  29. Lovelock, C. (2024). Business Analysis. ITNOW, 66(1). https://doi.org/10.1093/itnow/bwae031
  30. Majid, M. S. A., Hamid, A., & Faradilla. (2017). Assessing the productivity of insurance companies in Indonesia: A non-parametric approach. Journal of Applied Economic Sciences, 12(6).
  31. Midesia, S., Basri, H., & Majid, M. S. A. (2016). The Effects of Asset Management and Profitability on Stock Returns A Comparative Study between Conventional and Islamic Stock Markets in Indonesia. Academic Journal of Economic Studies, 2(3).
  32. Mudavi, A. H. M., Mahesa, K. T., & Fitriany, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Mudharabah Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Dumai. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 41–54. https://doi.org/10.57113/HIS.V2I2.56
  33. Munadiati, Kurlillah, A., Iskandar, & Hamid, A. (2022). Risk management analysis and profit maximization of Indonesian millennials investing in cryptocurrencies. In Jurnal Ilmu Hukum & Ekonomi Syariah (Vol. 1, Issue 1).
  34. Nawal Ika Susanti, Nurul Inayah, & Nisrina Maesa Hamzah. (2020). Pengaruh Faktor Keluarga, Religiusitas dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Konvensional (Studi kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Darussalam). Malia (Terakreditasi), 11(2). https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2104
  35. Philip Kotler. (2019). Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia. In ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Vol. 53, Issue 9).
  36. Pratiwi, L. H., & Ellyawati, J. (2023). Layanan M-Banking dan Pengaruhnya pada Kepuasan dan Loyalitas: Studi Empiris Bank BNI. Modus, 35(2). https://doi.org/10.24002/modus.v35i2.7567
  37. Ratna, D., Habibie, S., & Murtani, A. (2023). Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di PT. Bank Sumut Syariah KCPSY Marelan Raya. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 122–136. https://doi.org/10.56444/transformasi.V2I1.447
  38. Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, R & D. Alfabeta.
  39. Z Muttaqin, S. K. (2022). Investigasi Pendayagunaan Zakat Asnaf Gharim Menjadi Alternatif Hutang Piutang (Studi pada Baitul Mal Langsa). J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 7 nomor 2, 371–398.