Main Article Content
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dipengaruhi oleh faktor biologis, psikologis dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pemahaman guru terhadap pertumbuhan dan perkembangan peserta didik terhadap kualitas pembelajaran di SMP N 3 Langsa. Dalam konteks pendidikan, pemahaman guru tentang tahap perkembangan siswa dapat mempengaruhi cara mereka merancang dan melaksanakan pembelajaran, sehingga berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan dua teknik pengumpulan data utama: wawancara semi-terstruktur dan observasi kelas. Partisipan terdiri dai guru dan siswa. Wawancara dilakukan untuk menggali pemahaman guru mengenai perkembangan siswa serta penerapan strategi pengajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan siswa. Sementara itu, observasi kelas dilakukan untuk melihat langsung implementasi strategi tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema utama yang muncul dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang memahami perkembangan siswa cenderung menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif, mendukung, dan efektif. Sebaliknya, kurangnya pemahaman terhadap tahap perkembangan siswa dapat menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa.