Main Article Content

Abstract

Psikologi konseling di sekolah merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kesejahteraan siswa. Artikel ini bertujuan untuk memberikan tinjauan teoritis dan praktis tentang psikologi konseling di sekolah. Artikel ini membahas tentang definisi, tujuan, dan prinsip-prinsip psikologi konseling di sekolah, serta membahas tentang beberapa model konseling yang dapat digunakan di sekolah. Hasil penelitian ini: Psikologi konseling di sekolah dapat didefinisikan sebagai proses membantu siswa mengatasi masalah, dan meningkatkan kesejahteraan siswa.  Bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mengembangkan kemampuan sosial, emosional dan akademik yang baik, Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa,  Membantu siswa mengatasi masalah dan kesulitan yang dihadapi,  Meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan siswa, Membantu siswa mengembangkan kemampuan membuat Keputusan yang tepat dan menghadapi tantangan hidup Prinsip-prinsip psikologi konseling di sekolah ada 5 prinsip, yaitu adanya kerahasiaan, keterbukaan, kepatuhan, keterlibatan, dan keseimbangan. Model-model psikologi Konseling yang bisa digunakan di sekolah adalah: model Konseling klasik, Konseling humanistic, Konseling kognitif-behavioral, Konseling sistemik, dan Konseling multicultural.

Keywords

Psikologi Konseling, Teori dan Praktis

Article Details