Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana eksistensi bimbingan konseling di sekolah dasar atau madrasah ibtidayah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitan kualitatif dengan pendekatan metode pengumpulan data yang digunakan merupakan literature review atau studi kepustakaan yang umumnya mengenai hasil temuan yang diperoleh dari penelitian sebelumnya dan berbagai rujukan yang relevan sebagai sumber data dalam penelitian ini. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi diperlukannya bimbingan dan konseling di SD/MI dapat didasari oleh perlunya penyelesaian terhadap masalah yang dialami oleh peserta didik di SD/MI. Eksistensi bimbingan konseling di sekolah dasar sangat penting dan perlu ada. Program ini membantu anak-anak mengembangkan kepribadian yang sehat, mengatasi masalah akademik dan sosial, serta memberikan dukungan emosional yang dibutuhkan. Bimbingan konseling di sekolah dasar membantu anak-anak memahami diri mereka sendiri, mengembangkan keterampilan sosial, dan belajar mengelola emosi mereka.