Main Article Content

Abstract

Kurikulum merdeka berfokus pada penanaman karakter dengan menerapkan profil pelajar pancasila. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran wajib yang dapat menjadi ajang dalam mengembangkan P3. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai moral kepada peserta didik melalui pembelajaran yang menyenangkan dalam mapel bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan metode field research di SD Yapita Surabaya dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa P3 sudah diterapkan pada pembelajaran bahasa indonesia. Dimensi yang paling menonjol dan banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia adalah bernalar kritis dan kreatif. Penerapan dimensi P3 menyesuaikan kebutuhan peserta didik, tidak semua diterapkan. Penerapan P3 dalam pelajaran bahasa indonesia di SD Yapita Surabaya sudah efektif dan menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan.

Keywords

Karakter Profil Pelajar Pancasila Pembelajaran Bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Farisia, H., Trisnawa, V. A., Fitri, B. A., Arifin, E. A. Z., & Hasanah, N. (2024). Efektivitas Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 9(2), 198-211. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.8632

References

  1. Adnyana, I Ketut Suar. 2022. “Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra”
  2. Chaeratunnisa, Elsa, and Heni Pujiastuti. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (3): 3144–57. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11227.
  3. Dewi, Made Eva Trisna, A. A. Wulan Purnama Dewi, and Kadek Putri Ayu Warniti. 2022. “Pengukuhan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Proyek..” Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra 2 (1): 46–49.
  4. Fauzi, Muhammad Ilham Rifqyansya, Erlita Zanya Rini, and Siti Qomariyah. n.d. 2023 “Penerapan Nilai- Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar.”
  5. Gumilar, Eko Bayu Gumilar, and Kristina Gita Permatasari. 2023. “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada MI/SD.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 8 (2): 169–83. https://doi.org/10.32505/azkiya.v8i2.6908.
  6. Indriani, Fitri Indriani Fitri, Amyseza Prabaningtyas, and Candra Kurniasari. 2024. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 9 (1): 16–34. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i1.8369.
  7. Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
  8. Istiningsih, Galih, and Dwitya Sobat Ady Dharma. 2021. “Integrasi Nilai Karakter Diponerogo dalam Pembelajaran untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar..” Kebudayaan 16 (1): 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447.
  9. Jamaludin, Jamaludin, Shofia Nurun Alanur S. Alanur S, Sunarto Amus, and Hasdin Hasdin. 2022. “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kmapus Mengajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8 (3): 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.
  10. Lestari, Ayu Chinintya, and Anas Ma’ruf Annizar. 2020. “Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Komputasi.” Jurnal Kiprah 8 (1): 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063.
  11. Najati, Nida Aulia, Hasan Mahfud, and Septi Yulisetiani. 2023. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Pendek Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 11 (2): 155–59. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2.79294.
  12. Permendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022: n.d. “Mengenai Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.”
  13. Rahayuningsih, Fajar. 2021. “Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Social : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 1 (3): 177–87. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925.
  14. Regina, Frilia Shantika, and Andoyo Sastromiharjo. 2023. “Peran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila.” Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 13 (2): 334–48. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7410.
  15. Sam, Alfonsus, Vitalis Tarsan, and Ambros Leonangung Edu. 2023. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 4 (1): 65–72. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i1.2103.
  16. Setiawan, Albi Anggito, Johan. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
  17. Sugiyono. n.d. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.
  18. Suryadewi, Ni Kadek Ari, I. Komang Ngurah Wiyasa, and I. Wayan Sujana. 2020. “Kontribusi Sikap Mandiri Dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS.” Mimbar PGSD Undiksha 8 (1): 29–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24576.
  19. Tricahyono, D. 2022. “Upaya Menguatkan Profil Pelajar Pancasila melalui Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Kebhinekatunggalikaan.” Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 67–70.
  20. Ulandari, Nelpita, Rahmi Putri, Febria Ningsih, and Aan Putra. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2): 227–37. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99.
  21. Wibiyanto. 2021. “Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah.” Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.