Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru dan siswa kelas V SDN Burengan 2 Kota Kediri yang memerlukan media ajar LKPD interaktif yang menarik pada mata pelajaran IPA, siswa merasa kesulitan untuk memahami materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia dikarenakan tidak adanya media visual yang menarik perhatian siswa, sehingga 65% dari seluruh siswa mendapatkan hasil nilai di bawah KKM ≥70. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis aplikasi Liveworksheet tentang materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisisis deskriptif dan analisis kualitatif. Analisis deskriptif berupa data observasi dan wawancara, sedangkan analisis kualitatif berupa penghitungan skor hasil validasi, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 90% dan hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Hasil keefektifan yang diperoleh dari nilai post-test siswa dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 94% dengan kategori sangat efektif. Sedangkan hasil kepraktisan memperoleh hasil sebesar 96% dari respon guru dan 99% dari respon siswa dengan kategori sangat praktis. Dari hasil yang telah didapat, peneliti menarik kesimpulan bahwa e-LKPD berbasis Liveworksheet layak digunakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Feni, S. S. A., Aji, S. D., & Yasa, A. D. (2021, November). Pengembangan LKPD Interaktif Materi Gaya Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 5, No. 1, pp. 490-496).
- Lestari, M. A., Eliyanti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas penggunaan media buku cerita bergambar dalam penanaman nilai-nilai moral siswa SD kelas rendah. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2), 134–144.
- Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
- NF, I. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8161-8170.
- Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383-388.
- Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja : Yogyakarta Graha Ilmu.
- Komang Tri Yoga Pramana, Ndara Tanggu Renda, & I Nyoman Laba Jayanta. (2022). E-LKPD Berbasis HOTS dengan Liveworksheet Materi Sistem Pernafasan Manusia. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 412–420. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52795