Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menyatakan terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan membaca, guru hanya menggunakan sumber belajar berupa buku ajar, guru belum pernah menggunakan media pembelajaran benda konkrit, materi pembelajaran didominasi dengan bacaan panjang sehingga siswa mudah merasa bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media big book, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media big book terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group. Teknik penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SDN Karangtengah 3 sebagai kelompok eksperimen dan SDN Karangtengah 5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yakni pretest posttest. Hasil penelitian (1)Hipotesis 1 diperoleh taraf sig. 0,793 > 0,05 artinya hipotesis diterima dan dinyatakan tidak ada pengaruh signifikan, (2)Hipotesis 2 diperoleh taraf sig. 0,000 < 0,05 artinya hipotesis ditolak dan dinyatakan terdapat pengaruh signifikan, (3)Hipotesis 3 diperoleh nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen 65,28 dan posttest 82,50 yang artinya terdapat perbedaan pengaruh signifikan. Kesimpulan penelitian ini terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara dua variabel, yakni pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media big book terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN Karangtengah 3.

Keywords

pengaruh kemampuan membaca media big book

Article Details

How to Cite
Nursafitri, A. S., Hunaifi, A. A., & Handayani, A. D. (2024). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II SDN Karangtengah 3 Kediri . Azkiya, 9(2), 212-223. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.9197

References

  1. Aghnia, N., Maufur, S., & Laily, I. F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Wayang Kertas terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas II. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 9(1), 137–148. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i1.8426
  2. Ahmad Susanto. (2018). Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Bahasa Indonesia, 5–24.
  3. Alkalah, C. (2016). Tinjauan Pustaka. 19(5), 1–23.
  4. Anggitia, resty cahyani. (2021). Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Negeri Katon.
  5. Ani, D. dkk. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294.
  6. Arifin, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1.
  7. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Astari, N. (2014). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 9.
  9. Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006) Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
  10. Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2.
  11. Hermanto , Yudi Budianti, S. F. (2020). Media Big Book Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Persada, 3(3), 115–120.
  12. Hilda, H. L., Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242.
  13. Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, & Khoirunnisa. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri Bunder III. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386.
  14. Rahayu, A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Hasil Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Inpres Pulaweng Kabupaten Bantaeng Tahun Ajaran 2018. Proposal Skripsi Digilib Unismuh.
  15. Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178.
  16. Sani, T. I. A. F. (2023). Pengaruh Media Big Book Terhadap Siswa Kelas Iii Uptd. Institut Agama Islam Negeri Curup, 20.
  17. Somantri, D. W. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Media Modul Di Sekolah Dasar Negeri 8 Banjar Universitas Negeri Yogyakarta.
  18. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
  19. Sukaryana. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1.
  20. Suyanto. (2009). English for Young Learners. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  21. SYAM, A. F. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 24 Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
  22. Syukri, R. A., Bahri, A., & Khaltsum, U. (2021). Penerapan model pembelajaran fun learning dalam meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51–60.
  23. Tri Prastawati, T., & Mulyono, R. (2023). Peran Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 378–392.
  24. Usaid. (2014). Pembelajaran Literasi Kelas Awal SD/Mi di LPTK: Usaid Prioritas.
  25. Wijaya, A. T. (2011). Media pembelajaran huruf hiragana dan katakana untuk pemula berbasis multimedia menggunakan macromedia flash. 155.