https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/issue/feed Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 2020-05-15T06:33:07+07:00 Rita Sari ritasari17@iainlangsa.ac.id Open Journal Systems <p>Al-Azkiya Journal (MI / SD Education Science Journal) which is a medium of Islamic education, social religion, and science is one of the periodical scientific journals managed by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Langsa which aims; First, to improve the academic abilities of lecturers, scientists, and scholars in writing better scientific works in accordance with the systematic method of accredited journals. Secondly, it can be a place for writing learning for lecturers and MI / SD teachers in improving their scientific writing skills. Third, adding to the existing treasures of journals in the Islamic Higher Education environment in general and the Tarbiyah Faculty and Teacher Training IAIN Langsa in particular, in the framework of developing self-image as an Islamic higher education institution in Aceh.</p> <p>Jurnal Al-Azkiya (Jurnal Ilmu Pendidikan MI/SD) yang merupakan media pendidikan Islam, sosial keagamaan, dan ilmu pengetahuan ini adalah salah satu jurnal ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan IAIN Langsa yang bertujuan; <em>Pertama,&nbsp;</em>untuk meningkatkan kemampuan akademik para dosen, ilmuan, maupun cendikiawan dalam menulis karya ilmiah yang lebih baik sesuai dengan kaedah sistematika jurnal terakretasi.&nbsp;<em>Kedua,&nbsp;</em>dapat menjadi wadah pembelajaran menulis bagi dosen dan para guru MI/SD dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan menulis ilmiah.&nbsp;<em>Ketiga,&nbsp;</em>menambah khazanah jurnal yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam pada umumnya dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa khususnya, dalam merangka pengembangan citra diri sebagai lembaga perguruan tinggai Islam yang ada di Aceh.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1594 PEMANFAATAN SDA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD 2020-05-09T10:22:31+07:00 Muhammad Yusuf myusuf@yahoo.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV/a pada pelajaran IPS melalui pembelajaran berbasis kontekstual. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV/a yang berjumlah 28 orang. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen atau teknik pengumpulan data berupa butiran soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan pengolahan dan analisis data dengan cara membandingkan hasil tes dan observasi dari kondisi awal, siklus pertama dan kedua. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan siswa pada siklus pertama menjadi 68% (19 siswa) dengan rata-rata 71 dari kondisi awal yang hanya 25% (7 siswa) dengan rata-rata 46, dan pada akhir siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 89% (25 siswa) dengan rata-rata 78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam) melalui pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD Negeri Paya Pelawi Aceh Timur.</em></p> 2020-05-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1595 PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VI 2020-05-09T10:35:35+07:00 Nur Lita nurlita@yahoo.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Alue Nireh Kecamatan Peureulak Timur Kabupaten Aceh Timur dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat untuk menciptakan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian dilaksanakan selama 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry pada siklus I nilai rata-rata pada tes hasil belajar sebesar 72,00 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar (60 %) Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar yaitu nilai rata-rata siswa sebesar 80,57 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 91,43 %). Dengan demikian disimpulkan bahwa bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi hewan dan tumbuhan langka pada siswa kelas VI semester I tahun Pelajaran 2017-2018 di SD Negeri Alue Nireh Kecamatan Peureulak Timur Kabupaten Aceh Timur</em></p> 2020-05-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1597 PENINGKATAN KETERAMPILAN DRIBBLE DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL 2020-05-09T11:01:55+07:00 Neni Elpira nenielpira@yahoo.com <p><em>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak dasar dribble dalam permainan sepak bola setelah digunakan media audio visual pada siswa&nbsp; kelas VII.5 SMPN 1 Rantau Selamat semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 terutama pada mata pelajaran Penjaskes materi permainan sepak bola. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat di jelaskan bahwa hasil belajar siswa dari mulai kondisi awal hasil belajar siswa masih rendah karena di bawah KKM ≥70 yaitu rata-rata kelas hanya sebesar 59,13 dengan ketuntasan belajar klasikal dari 23 jumlah siswa hanya 6 siswa&nbsp; (26,09 %) yang tuntas.&nbsp; Pada siklus I setelah digunakan media audio visual, nilia rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 69,13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 769,57 % namun hasil tersebut belum mencapai KKM ≥70. Pada siklus II rata-rata kelas kembali meningkat mencapi nilai rata-rata 79,13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,30 %. Dengan meningkatnya hasil belajar di setiap siklusnya, maka hipotesis tindakan dapat diterima dan dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dribble dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VII.5 SMPN 1 Rantau Selamat.</em></p> 2020-05-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1598 PENGGUNAAN METODE PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK BUDI DAYA TANAMAN OBAT 2020-05-09T11:09:07+07:00 Cut Fatimah cutfatimah@yahoo.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode praktik langsung dalam meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran prakarya aspek budi daya tanaman obat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Rantau Selamat berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode praktik langsung pada mata pelajaran Prakarya Aspek Budi Daya Tanaman Obat mempunyai dampak yang baik terhadap aktivitas siswa diantaranya; siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran; siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. 2) mata pelajaran prakarya aspek budi daya dengan menerapkan metode praktik langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Rantau Selamat. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil praktik dengan prosentase ketuntasan sebesar 79,17 % dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 78,96. Pada hasil tes praktik siklus II menunjukkan penngkatna dengan prosentase ketuntasan mencapai 95,83 % dengan nilai rata-rata keterampilan mencapai 86,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktik langsung dapat meningkatkan keterampilan teknik budi daya tanaman obat pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Rantau Selamat semester II tahun pelajaran 2017/2018</em></p> 2020-05-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1599 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY 2020-05-09T11:17:31+07:00 Martini Martini martini@gmail.com <p><em>R</em><em>endahnya kualitas dan hasil belajar khususnya mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas IX.2 di SMP Negeri 1 Rantau Selamat disebabkan model pembelajaran yang selama ini peneliti lakukan masih didominasi metode ceramah.</em><em> Disamping itu siswa kurang tertarik untuk belajar </em><em>Matematika. </em><em>Untuk mengatasi permasalahan di atas, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan </em><em>menggunakan model pembelajaran Inquiry. Dalam penerapannya peneliti mencoba pada mata pelajaran Matematika materi Kesebangunan dan Kongruen di Kelas IX.2 Semester I SMP Negeri 1 Rantau Selamat Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten </em><em>A</em><em>ceh Timur. Subjek dalam penelitian ini berjumlah </em><em>2</em><em>4 orang siswa terdiri dari </em><em>11 </em><em>orang laki-laki dan </em><em>1</em><em>3 perempuan. Untuk mencapai hasil sesuai dengan&nbsp; apa yang peneliti harapkan maka peneliti melaksanakanya dengan II (dua) siklus. Setiap siklus sebanyak 2 ( dua ) kali pertemuan selama lebih kurang 4 (empat) bulan. Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, pada siklus I (satu) nilai rata- rata siswa 70,21&nbsp; dengan ketuntasan belajar hanya 70,83 %. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 79,38</em> <em>dengan ketuntasan belajar mencapai 87,50 % . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Kesebangunan dan Kongruen pada siswa Kelas IX.2 Semester I di SMP Negeri 1 Rantau Selamat tahun pelajaran 2017/2018.</em></p> 2020-05-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1608 PENINGKATAN HASIL BELAJAR DESCRIPTIVE TEXT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE 2020-05-15T06:03:18+07:00 Risna Junaili risna@yahoo.com <p><em>Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantau Selamat Aceh Timur selama 3 bulan pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017 yang bertujuan untuk dapat mengoptimalisasikan hasil belajar siswa kelas VII pada materi text descriptive melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah sebanyak 28 orang. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen atau teknik pengumpulan data berupa butiran soal tes pilihan ganda, isian, lembar observasi dan angket wawancara. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan pengolahan dan analisis data dengan cara membandingkan hasil tes dan observasi dari kondisi awal, siklus pertama dan kedua. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan siswa pada siklus pertama menjadi 68% (19 siswa) dengan rata-rata 71 dari kondisi awal yang hanya 25% (7 siswa) dengan rata-rata 46, dan pada akhir siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 89% (25 siswa) dengan rata-rata 78. </em></p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1609 PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL 2020-05-15T06:08:25+07:00 Al Fadhil alfadhil@yahoo.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi konsep mol dengan penerapan metode pembelajaran problem solving. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor 1 </em><em>SMK Negeri 1 Peureulak</em><em> yang berjumlah 2</em><em>1</em><em> siswa. Penelitian ini difokuskan pada materi konsep mol yang mencakup konversi jumlah mol ke dalam jumlah partikel, jumlah massa, jumlah volume, hipotesis Avogadro, rumus empiris, rumus molekul, kadar zat, dan pereaksi pembatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan angket siswa. Dari hasil penelitian pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu. Pada siklus II, diperoleh rata-rata nilai post test siswa 77,87 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 88% siswa mencapai nilai ≥70. Dan dari hasil angket siswa serta hasil observasi terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving terdapat tanggapan yang baik dari siswa. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam proses belajar mengajar.</em></p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1610 ETOS KERJA GURU MELALUI PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SD NEGERI ALUE PUNTI 2020-05-15T06:12:14+07:00 Herana Budi heranabudi@yahoo.com <p><em>Tujuan dari Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah mengupayakan peningkatan etos kerja bagi guru SD Negeri Alue Punti melalui kepemimpinan kepala sekolah semester pertama tahun pelajaran 2017-2018 dengan subjek penelitian guru SD Negeri Alue Punti yang berjumlah 18 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus </em><em>empat kali pert</em><em>e</em><em>maun </em><em>yang terdiri dari 1)perencanaan 2)pelaksanaan 3)pengamatan dan 4)refleksi</em><em>. Dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan observasi, </em><em>wawancara</em><em> dan tehnik angket</em><em> serta dokumentasi</em><em>.Dalam tehnik angket peneliti ingin menggali data tentang sebab akibat tidak menjalan </em><em>etos kerja</em><em> terhadap kehadiran mengajar.</em><em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan etos kerja guru melalui kepemimpinan kepala sekolah yaitu pada kondisi awal tingkat etos kerja guru dari 18 orang guru hanya 39%, siklus I hanya 67%. Pada siklus II mencapai 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan etos kerja guru pada kehadiran mengajar sehingga meningkatnya kreatifitas peserta didik.</em></p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1611 PERAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS 2020-05-15T06:16:02+07:00 Ibnu Abbas ibnuabbas@yahoo.com <p><em>Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajaran yang ada hanya bersifat satu arah, siswa hanya dituntut untuk duduk diam mendengarkan dan mencatat apa yang telah dijelaskan oleh guru. Metode CRH dalam pembelajaran dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran karena siswa dalam metode ini melakukan kerjasama dalam kelompok dan melakukan kuis dengan bersaing dengan kelompok lain. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode CRH terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Variable terikat terdiri dari aktivitas dan hasil belajar siswa dan variable bebasnya adalah metode CRH. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa metode Course Review Horay berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPS. Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di kelas V Sekolah Dasar. Pada&nbsp; pra siklus ketuntasan siswa hanya 9&nbsp; orang atau 33% setelah dilaksanakan tindakan pada siklus ketuntasan siswa meningkat menjadi 17 orang atau 62% kemudian dilakukan tindakan pada siklus II dengan pencapaian ketuntasannya 25 orang (92%)dari 27 siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam ilmu pendidikan dan dapat menjadi salah satu alternatif metode yang dapat di gunakan dalam pembelajaran yang aktif dan menyenangkan</em></p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1612 PERAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA 2020-05-15T06:19:34+07:00 Saiful Muzakir saifulm@yahoo.com <p><em>Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model STAD pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Prosedur pelaksanaannya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penulisan&nbsp; pada siklus I diperoleh nilai siswa yang berhasil tuntas sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM 70) sebesar 8 siswa atau 40%, maka dapat dikatakan masih dominan siswa belum menguasai materi karena masih ada sebanyak 12 siswa atau 60% yang belum tuntas atau nilai hasil belajar materi pertumbuhan dan perkembangan masih di bawah KKM 70. Maka peneliti masih harus menyusun strategi kembali pada siklus II. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang memuaskan karena 18 siswa (90%) berhasil mendapatkan nilai diatas KKM 70, dengan kata lain penggunaan model STAD sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup dengan &nbsp;menggunakan model &nbsp;STAD&nbsp; pada siswa kelas III&nbsp; SD.</em></p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1613 PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA 2020-05-15T06:23:48+07:00 Junaini Junaini junaini@yahoo.com <p><em>IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang seharusnya banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat memahami alam secara langsung. Namun demikian sering kali kesempatan itu tidak dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar. Imbasnya, hasil belajar IPA pada kelas IV khususnya masih belum dapat mencapai target ketuntasan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar , dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI). Tulisan ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian&nbsp; adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan penghitungan skor rata-rata. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan target 85 % dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas ≥ 65</em></p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1614 PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SD 2020-05-15T06:28:22+07:00 Maimunah Maimunah maimunah@yahoo.com <p>Banyak orang yang tidak menyukai matematika, termasuk anak-anak SD. Sebahagian beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, membosankan, dan tidak menyenangkan. Anggapan ini menyebabkan mereka semakin tidak menyukai pembelajaran matematika, sehingga prestasi belajar matematika menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual.<em> Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak 2 siklus.</em> Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV berjumlah 32.<em> P</em><em>eneliti menggunakan instrumen</em> <em>berupa butiran soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan pengolahan dan analisis data dengan cara membandingkan hasil tes dan observasi dari kondisi awal, siklus pertama dan kedua.</em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya pada materi Bangun Datar bagi siswa kelas IV Semester II SD Negeri Seuneubok Pidie. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 62,50 % (20 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 37,50 %&nbsp; (12 siswa), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 96,87 % (31 siswa ) dan hanya 3,12 % (1 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Adapun nilai rata- rata kelas siklus I sebesar&nbsp; 6,77 dan rata- rata kelas siklus II sebesar 7,89</p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1615 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW 2020-05-15T06:32:52+07:00 Juariah Juariah juariah@yahoo.com <p><em>Salah satu pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan kepada siswa, dan siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Hasil analisis mengungkapkan, bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS terhadap materi Kehidupan Manusia Pra-Aksara di Indonesia, suasana pembelajaran berubah dari semula yang terkesan membosankan menjadi begitu menarik dan penuh tantangan. Begitu juga tingkat keaktifan siswa menjadi bertambah tinggi. Siswa begitu antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, semua terlibat dalam aktifitas kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hasil yang cukup signifikan terhadap peningkatan nilai ketuntasan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi kehidupan manusia pra-aksara di Indonesia terhadap siswa kelas VII-5 SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur</em></p> 2020-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c)