Pelatihan Mindfulnes-Based Cognitive Counseling (MBCC) Bagi Guru BK SMA Se-Kota Bogor
Abstract
Peran penting pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas psikologis khususnya usia remaja menjadi hal terpenting agar siswa dapat meningkatkan pengalaman, kesejahteraan sosial, ekonomi, dan psikologis. Umumnya pada usia remaja mereka mengalami berbagai perubahan baik dari segi fisiologis maupun psikologis, adapun masalah psikologis yang sering terjadi yaitu mengenai perubahan sosio-emosional, sehingga masa remaja sering dikenal dengan masa storm and stress. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan pengelolaan emosi pada remaja dengan melakukan pelatihan Mindfulness-Based Cognitive Counseling (MBCC) pada guru-guru MGBK SMA se-Kota Bogor, yang nantinya dengan pelatihan ini para guru BK di sekolah dapat memberikan layanan mindfulness-based cognitive counseling pada siswa dalam upaya membantu siswa dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi baik di sekolah ataupun di rumah. Pengabdian pada masyarakat ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu: identifikasi peserta, dan pelaksanaan pelatihan berkerjasama dengan MGBK SMA Kota Bogor. Kegiatan pelatihan MBCC memberikan dampak positif baik bagi Guru BK maupun pada konseli diantaranya adalah (1) melatih pikiran dan fokus, (2) menikmati hidup, (3) mencintai diri sendiri, (4) mengurangi stress. Aplikasi mindfulness dalam kehidupan sehari-hari misalnya melakukan meditasi, menulis jurnal, makan, berjalan, berkomunikasi dengan orang lain serta berinteraksi dengan anggota keluarga.
References
Berk, L. E. Development Through The Lifespan: Dari Prenatal Sampai Remaja (Transisi Menjelang Dewasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.
Bishop, S. R., Lau, M., Shapiro, S., Carlson, L., Anderson, N. D., Carmody, J., Segal, Z. V., Abbey, S., Speca, M., Velting, D., & Devins, G. (2004). Mindfulness: A proposed operational definition. Clinical Psychology: Science and Practice, 11(3), 230–241. https://doi.org/10.1093/clipsy/bph077.
Estefan, G., & Wijaya, Y. D. (2004). Gambaran proses regulasi emosi pada pelaku. Jurnal Psikologi, 12(1), 26–33. https://media.neliti.com/media/publications/126410-ID-gambaran-proses-regulasi-emosi-pada-pela.pdf.
Fuadina, N., Sutoyo, A., & Murtadho, A. (2023). The Effectiveness of Face To Face And Internet-Based Mindfulness-Based Cognitive Therapy Group Counseling To Enhance Subjective Well-Being. Jurnal Bimbingan Konseling, 12(3), 183–188. https://journal.unnes.ac.id/sju/jubk/article/view/75050%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/jubk/article/download/75050/25420.
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740.
Kabat-Zinn, J. (1994). Wherever You Go, There You Are: Mindfulness Meditation In Everyday Life. New York: Hyperion
Neff, K. D., & McGehee, P. (2010). Self-compassion and psychological resilience among adolescents and young adults. Self and Identity, 9(3), 225–240. https://doi.org/10.1080/15298860902979307.
Nurhuda, R. (2017). Peningkatan Regulasi Emosi Melalui Metode Expressive Writing pada Siswa SMP. Journal Student UNY, 3(7), 353–367.
Qadir, A., Putra, K. E., Fathir A, M., & Khairamulya R, P. (2022). Pentingnya Pendidikan Bagi Generas Muda Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1023–1033. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i11.1289.
Runtoni. (2023). Peran Penting Psikologi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Runtoni. Journal on Education, 05(02), 3715–3728. http://jonedu.org/index.php/joe.
Surya, J., Wibowo, M. E., & Mulawarman. (2022). Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) Approach in Counseling Practice. Proceedings of the 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020), 574(Iset 2020), 463–466. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211125.086.
Xie, Y. J., Cao, D. P., Sun, T., & Yang, L. Bin. (2019). The effects of academic adaptability on academic burnout, immersion in learning, and academic performance among Chinese medical students: A cross-sectional study. BMC Medical Education, 19(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1640-9.
Yuniar, D., & Darmawati, I. (2017). Dukungan Keluarga Berhubungan Dengan Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33755/jkk.v3i1.79.