Main Article Content

Abstract

Asesmen merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh Guru BK karena hasil asesmen dijadikan sebagai landasan dalam pembuatan program BK yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Artinya asesmen dilakukan untuk mengetahui apa kebutuhan dan bagaimana kondisi siswa. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah AUM PTSDL. Namun, ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh Guru BK ketika melakukan asesmen, salah satunya pengolahan hasil assemen memerlukan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan masih terbatasnya kemampuan dalam melakukan pengolahan data hasil assesmen secara komputerisasi. Tujuan kegiatan abdimas adalah memberikan pelatihan kepada guru BK SMP N 17 Depok tentang penggunaan aplikasi AUM PTSDL Seri SLTP dalam mengolah hasil assemen. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan praktik. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru BK SMP N 17 Depok yang berjumlah 3 orang. Hasil pengabdian ini adalah bertambahnya pengetahuan dan kemampuan guru BK dalam menggunakan AUM PTSDL Seri SLTP secara komputerisasi.

Keywords

AUM PTSDL Asesmen Guru BK

Article Details

How to Cite
Andriani, R., & Oktasari, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi alat ungkap masalah (AUM) PTSDL SERI SLTP untuk pemetaan masalah belajar Siswa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36-41. https://doi.org/10.32505/connection.v1i2.3229

References

  1. Awaluddin, A. (2019). Penerapan metode tanya jawab dalam upaya meningkatkan mutu belajar agama islam pada siswa SD kelas Vi Gelangsar lombok barat. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5).
  2. Evianti, N., Subekti, R., & Firmansyah, B. (2020). Pelatihan Pengolahan Alat Ungkap Masalah (Aum) Dengan Menggunakan Komputer Bagi Konselor Sekolah Smkn 62 Lenteng Agung. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 303–307.
  3. Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2008). Introduction to Counseling and Guidance. Pearson Prentice Hall.
  4. Hatch, K. D., & McCarthy, C. J. (2003). Challenge course participation as a component of experiential groups for counselors in training. Journal for Specialists in Group Work, 28(3), 199–214.
  5. Hussain, A., Azeem, M., & Shakoor, A. (2011). Physics teaching methods: scientific inquiry vs traditional lecture. International Journal of Humanities and Social Science, 1(19), 269–276.
  6. Ifdil, I., Ilyas, A., Churnia, E., Erwinda, L., Zola, N., Fadli, R. P., Sari, A., & Refnadi, R. (2017). Pengolahan Alat Ungkap Masalah (AUM) dengan Menggunakan Komputer Bagi Konselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 17–24.
  7. Imawanty, & Fransiska, A. B. (2019). Optimalisasi Asesmen dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling Dengan Memanfaatkan Aplikasi Formulir Daring Jotform. Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (pp. 129-135). Bandung: PB ABKIN.
  8. Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2O2O Tentang Pencegahan Corona Virus Disase (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan.
  9. Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: PT Indeks.
  10. Lestari, T., Wujoso, H., & Suryani, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Kompentensi Dasar Efisiensi penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 16–23.
  11. Mukhlison. (2020). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Dan Solusinya. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/kendala-pembelajaran-jarak-jauh-dan-solusinya/
  12. Saman, A., Umar, N. F., & Bakhtiar, M. I. (2020). Asesmen Online Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Kabupaten Barru. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/15811
  13. Stevani, H., Andriani, R., & Fijriani, F. (2019). Analisis Kondisi Psikologis Siswa Serta Implikasinya Terhadap Program Bimbingan Dan Konseling. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 62-67.
  14. Sukma Hanggara, G., Andrianie, S., & Dwi Ariyanto, R. (2018). Penggunaan Aplikasi Analisis Kebutuhan Berbasis SMS untuk Optimalisasi Layanan BK dalam Memfasilitasi Perkembangan Siswa Seutuhnya. UPH Press. http://dspace.uphsurabaya.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/1208
  15. Tere, M. I., & Herdi, H. (2021). Asesmen Kebutuhan Sebagai Dasar Perencanaan Program Bimbingan Pribadi Berbasis Multikultural DI SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(1), 25–29.