Main Article Content

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah sebagai sarana komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua murid sebagai media kesiapan anak dalam memasuki sekolah baru. Banyak orang tua murid yang kurang memahami tentang dunia anak usia dini. Adanya sosialisasi ini diharapkan akan menambah pemahaman orang tua terhadap anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi tentang pemahaman orang tua terhadap kesiapan anak dalam memasuki sekolah. Pemahaman orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, jalur pendidikan bagi anak usia dini, aspek perkembangan anak dan cara belajar anak yang sambil bermain atau bermain seraya belajar. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini bahwa orang tua sudah cukup memahami tentang dunia anak usia dini ditandai dengan antusias nya orang tua terhadap kegiatan

Keywords

Pemahaman orang tua kesiapan anak memasuki sekolah

Article Details

How to Cite
Veryawan, V., Tursina, A., & Hasibuan, R. H. (2021). Pemahaman orang tua terhadap kesiapan anak dalam memasuki sekolah. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51-57. https://doi.org/10.32505/connection.v1i2.3258

References

  1. Deliviana, E. (2017) ‘Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Dasar’, Jdp, 10(2), pp. 119–133.
  2. Diadha, R. (2015) ‘Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak’, Edusentris, 2(1), p. 61. doi: 10.17509/edusentris.v2i1.161.
  3. Efastri, S. M. and Suharni, S. (2020) ‘Peran Orangtua terhadap Kesiapan Sekolah Taman Kanak-Kanak pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 559. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.454.
  4. Fadhillah, U. et al. (2021) ‘Analisis Kesiapan Belajar Anak di TK Islami An-Nur Bastari Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Selama Pembelajaran Daring’, Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), pp. 57–69.
  5. Hamalik, O. (2010) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Hanifah, T. (2019) ‘Peran Keterlibatan Orang Tua terhadap Kesiapan Sekolah pada Anak Prasekolah’, Cognicia http://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia, 7(4), pp. 492–506.
  7. Istiqomah (2013) ‘School Readiness Anak Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Komunikasi Dengan Orang Tua’, Prosiding Seminar Nasional Parenting, pp. 96–106.
  8. Kemendikbud (2014) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 tahun 2014 tentang Standar Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta.
  9. Maghfirah, F., Nurani, Y. and Nurjannah (2021) ‘Pengaruh Persepsi Orang Tua terhadap Kesiapan Bersekolah Anak Usia 5-6 Tahun di Samarinda’, JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), pp. 76–86.
  10. Novrinda, Kurniah, N. and Yulidesni (2017) ‘Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan’, Ju r n a l P o t e n s i a , P G - P A U D F K I P U N I B, 2(1), pp. 39–46. doi: 10.19109/ra.v1i1.1526.
  11. Pratiwi, W. (2018) ‘Kesiapan Anak Usia Dini Memasuki Sekolah Dasar’, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), pp. 1–13. Available at: http://www.m.kompasiana.com/eva_sadrina/kematangan-.
  12. Rifai, M. and Fahmi (2017) ‘Pengelolaan kesiapan belajar anak masuk sekolah dasar’, Tarbawi, 3(01), pp. 129–143. Available at: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1784.
  13. Slameto (2010) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Srinahyanti, S. (2017) ‘Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Ditinjau Dari Lembaga Pendidikan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua’, School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), pp. 474–488. doi: 10.24114/sejpgsd.v7i4.8178.
  15. Sumiyati (2018) ‘Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 0-12 Bulan)’, Al Athfal, 1(1), pp. 18–36.
  16. Veryawan, Pratiwi, S. H. and Ubaidillah (2020) ‘Kegiatan usab abur dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini’, Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), pp. 112–125.
  17. Wahyuni, F. and Azizah, S. M. (2020) ‘Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini’, Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), pp. 161–179. doi: 10.37680/adabiya.v15i01.257.
  18. Wulandari, H. and Purwanta, E. (2020) ‘Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 452. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.626.