Main Article Content

Abstract

Pidato dalam bahasa Inggris merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, mempersiapkan siswa untuk menghadapi perkembangan bahasa Inggris di era globalisasi, melatih kepercayaan diri siswa saat berbicara bahasa Inggris, dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba-lomba pidato (speech) bahasa Inggris untuk meningkatkan reputasi sekolah dan prestasi dalam kemampuan penguasaan bahasa Inggris yang di miliki oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah investigasi yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PAR (Participatory Action Research) dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Communicative Language Teaching (CLT) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggris khususnya dalam pidato bahasa Inggris, kemudian juga meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar pidato bahasa Inggris, serta meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya peranan pidato bahasa Inggris dan juga meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami makna kata dalam bahasa Inggris.

Keywords

Pidato Bahasa Inggris Pengajaran Bahasa Komunikatif Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Communicative Language Teaching

Article Details

How to Cite
Inayah, S. N., & Albar, M. K. (2021). Pelatihan pidato bahasa Inggris menggunakan metode CLT pada siswa SMP/MTS Desa Ciakar. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 58-68. https://doi.org/10.32505/connection.v1i2.3343

References

  1. Budiarso, Iwan. 2019. “Analisis Metode Communicative Language Teaching Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Guru-Guru SMK Dan SMP Islam Mandiri Bojong Gede Bogor”. Jurnal SAP. Vol 3(3). (PDF) Analisis Metode Communicative Language Teaching terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Guru-Guru SMK dan SMP Islam Mandiri Bojong Gede Bogor (researchgate.net)
  2. Chang, Ming. 2011. “EFL Teacher’s Attitudes towards Communication Language Teaching in Taiwanese College”. Asian EFL Journal. Vol 53 Microsoft Word - Volume 53 CEBU Issue 2011 Robert (asian-efl-journal.com)
  3. Dale. Wolf. 2000. “Speech Communication Made Simple a Multicultural Perpective”. New York: Longman.
  4. Febriyanti, Husnaini, Rina. 2017. “Pengunaan Metode Communicative Language Teaching Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Pada Guru Tutor Di Bimbingan Belajar”. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 4(3). https://core.ac.uk/download/pdf/276616708.pdf
  5. J.C, Ricard., T.S, Rodgers. 2001. “Approaches and Methods in Language Teaching (Second Edition)”. Cambridge: Cambridge University Press. Marketing_Fragment 6 x 10.5.T65 (cambridge.org)
  6. Johnson, K., Jonshon, H. 1998. “Communicative Methodology in K. Johnson and H. Johnson”. Encylipedic Dictionary of Applied Linguistics. Oxford: Blackwell.
  7. Littlewood, William. 2002. “Communicative Language Teaching”. Cambridge: Cambridge University Press.
  8. M.G, Jacobs., C.S.T, Farrell. 2003. “Understanding and Implementing the CLT (Communicative Language Teaching) Paradigm”. RELC Journal. 34(1). Jacobs, G (ed.gov)
  9. Mudrajat, Kuncoro. 2003. “Metode Riset untuk bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
  10. Samad, Ghazali, Ahmad. Wahyuni, Sri. 2019. “Peningkatan Kompetensi Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Pelatihan Pidato Bahasa Inggris Berbasis Games, Dan Meaningful Practices Dengan Pendekatan Students Centered Learning”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosiosaintifik. Vol 1(1). https://www.bing.com/search?q=Peningkatan+Kompetensi+Siswa+Sekolah+Dasar+Melalui+Program+Pelatihan+Pidato+Bahasa+Inggris+Berbasis+Games%2C+Dan+Meaningful+Practices+Dengan+Pendekatan+Students+Centered+Learning&qs=n&form=QBRE&sp=-1&pq=peningkatan+kompetensi+siswa+sekolah+dasar+melalui+program+pelatihan+pidato+bahasa+inggris+berbasis+games%2C+dan+meaningful+practices+dengan+pendekatan+students+centered+learning&sc=0-176&sk=&cvid=BB8CE4BA11BB4608AB56BB8B2FD1496E
  11. Saputra, Riyadi. 2018. “Analisis Kemampuan Berpidato Bahasa Inggris Siswa Tingkat SMA/MA SeKabupaten Dharmasraya”. Vol 2(10).
  12. Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Bandung: CV Alfabeta
  13. Wadworth, Yoland. bab 2.pdf (uinsby.ac.id)