Main Article Content
Abstract
Multimedia pembelajaran merupakan komponen sistem penyampaian pengajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Pengembangan multimedia tersebut dilandasi oleh kegiatan belajar mengajar yang efektif, interaktif, dan menyenangkan dengan dukungan media pembelajaran yang menarik perhatian murid. Multimedia pembelajaran merupakan komponen sistem penyampaian pengajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Pengembangan multimedia tersebut dilandasi oleh kegiatan belajar mengajar yang efektif, interaktif, dan menyenangkan dengan dukungan media pembelajaran yang menarik perhatian murid. Adapun metode penerapan kegiatan pengabdian adalah ceramah, demonstrasi dan latihan penggunaan multimedia dalam konseling. Sasaran kegiatan adalah guru-guru SLTP, SMA sederajat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini bertambah pengetahuan, guru bimbingan dan konseling menjadi lebih terampil dan percaya diri serta mendapatkan pengalaman dalam hal mengekspresikan penggunaan multimedia dalam konseling
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bangun, N., & Saragih, A. H. (2015). Pengembangan Media Web Bimbingan Konseling. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 99-110.
- Chalidaziah, W., Ilyas, S. M., & Akla, F. (2023). Kepuasan Siswa dan Kesesuai Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(2), 77-87.
- Dainton, M., & Elaine , Z. D. (2019). Applying Communication Theory for Professional Life. New York: SAGE.
- Gray, W. D. (2007). Integrated Models of Cognitive Systems. Oxford: Oxford University Press.
- Hidayati, A. (2017). Layanan informasi belajar berbasis multimedia. ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling, (pp. 151 - 161).
- Jandt, F. E. (2018). An Introduction to Intercultural Communication. California: SAGE Publications Inc.
- MacKenzie, I. S. (2013). Human-Computer Interaction. Amsterdam: Elsevier.
- Moallem, A. (2019). Human-Computer Interaction and Cybersecurity Handbook. Boca Raton: CRC Press.
- Mutmainnah, A. N., Yulidah, R., & Yuniarti, S. (2017). Media Bimbingan Konseling Berbasis Hypermedia. Seminar Nasional BK FIP-UPGRIS, (pp. 186-191).
- Nupus , H., Hermaliani , E. H., & Syamsiah, N. O. (2015). Rancangan Media Pembelajaran Interaktif Mengenal HIV AIDS Pada Materi Bimbingan Konseling Sekolah. Jurnal Teknik Komputer, 1(1), 96-105.
- Nursalim, M. (2015). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Permatasari, N. R., & Winingsih, E. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk
- Layanan Informasi Tentang Komuikasi Interpersonal Pada Siswa di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Jurnal BK Unesa, 152 - 160.
- Pierce, J. R., & Posner, E. C. (1980). Introduction Communication Science and Systems.
- New York: Springer.
- Prasetiawan, H. (2017). Optimalisasi Multimedia Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, (pp. 199-204). Yogyakarta.
- Prasetiawan, H. (2017). Optimalisasi Multimedia Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 199 - 204). Yogyakarta: -.
- Prayitno, & Amti, E. (2015). Dasar - Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
- Smith, P. J. (2018). Cognitive Systems Engineering. Boca Raton: CRC Press.
- Sumarwiyah, & Zamroni, E. (2018). Pemanfaatan Tekonologi Informasi (TI) Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Representasi Berkembangnya Budaya Profesional Konselor Dalam Melayani Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 1 - 14.
- Watson, J. (1998). Media Communication An Introduction to Theory and Process. New York: Macmillan Education.
- Wood, D. (2014). Interface Design. London: Bloombur