Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada masyarakat tentang peningkatan kompetensi pemasaran melalui media online. Metode kegiatan ini berupa kegiatan seminar bersama peserta dari berbagai kalangan mahasiswa, dosen, dan masyarakat di berbagai daerah. Hasil kegiatan pengabdian ini memberikan peningkatan kemampuan pemasaran melalui media social. Respon dari peserta pengabdian ini cukup responsive dan perlunya ada kegiatan lanjutan dengan model blended sehingga lebih efektif dalam mengedukasi peserta. Kesimpulan pengabdian ini menunjukkan media pemasaran online semakin diminati akibat pandemi terbukti dengan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan pendampingan.

Keywords

Pemasaran syariah kompetensi media online

Article Details

How to Cite
Fadlullah Hana, K., Sofiyah, A., & Raunaqa, Y. (2022). Peningkatan kompetensi pemasaran syariah melalui pendampingan kualitas media online. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 20-28. https://doi.org/10.32505/connection.v2i1.3824

References

  1. Dirgahayu, D. (2021). Pemanfaatan jejaring sosial (social network) oleh peternak ayam pelung. Jurnal ekonomi, sosial & humaniora, 3(04), 68-73.
  2. Esya, L., Nurhaida, D., & Putri, B. Y. (2021). Penanggulangan Dampak Covid-19 Melalui Pendampingan Wirausaha Rumah Tangga dan Penjualan Online Produk “Kripik Kentang”. Jurnal AKAL: Abdimas dan Kearifan Lokal, 2(2).
  3. Fantini, E., & Tamba, R. S. (2020). Mediamorfosis edukasi informal online melalui platform digital sebagai peluang bisnis baru. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 114-127.
  4. Marimbun, M., Ilyas, S., & Ulva, N. F. (2022). Hubungan Self Manajemen dengan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 20-33.
  5. Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.
  6. Putri, C. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594-603.
  7. Putriyandari, R., Amran, A., Roisah, R., Komalasari, Y., & Yuliyana, W. (2018). Implementasi pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pendapatan di lembaga belajar smart club bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
  8. Rochmad, R., Kharis, M., Suprayogi, S., & Baidhowi, B. (2018). Pelatihan wirausaha life skill sebagai sumber pendapatan anggota kpri handayani purna tugas. Snkppm, 1(1), 250-253.
  9. Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran media sosial dalam mendukung pemasaran produk organisasi bisnis. Ikra-Ith Ekonomika, 1(2), 25-30.
  10. Saputra, D. (2021). Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Pedagang Kandang Panjang Pekalongan Pada Masa Pandemi Covid-19. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 1(2), 52-56.
  11. Sari, D. S. (2021). Membangun kepedulian di masa covid-19 melalui program gerak sedekah millennial di Desa Tegalkamulyan Cilacap. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 69-78.
  12. Soleka, S., & Pohan, R. A. (2021). Pemberdayaan aset pekarangan masyarakat Desa Alue Pinenung Kota Langsa di masa pandemi Covid-19. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7-13.
  13. Solekhan, S., & Winarso, R. (2016). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran sangkar burung di Kabupaten Kudus. Prosiding SNATIF, 445-448.
  14. Supeni, R. E., & Sari, M. I. (2020). Pendampingan Ekonomi Kreatif Start Up Business “Kebab Sempol “Kelompok Usaha Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 6(1), 55-62.
  15. Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu: Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial. VisiMedia.
  16. Triyana, V., & Marimbun, M. (2021). Meningkatkan ketahanan pangan bidang pertanian melalui budidaya tanaman sayur sayuran. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-6.
  17. Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.
  18. Wulandari, S., & Supratman, N. A. (2018). Potensi Penggunaan Media Sosial Bagi UKM. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 17(1).
  19. Zainal, V. R., Djaelani, F., Basalamah, S., Yusran, H. L., & Veithzal, A. P. (2017). Islamic marketing management/Veithzal Rivai zainal.