Main Article Content

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan jarak jauh pada SMPN 8 Kota Jambi dengan menggunakan google sites. Metode yang digunakan adalah dengan format workshop berbentuk pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pendampingan menggunakan beberapa metode berikut: 1) Ceramah/pemberian informasi: kegiatan ini merupakan pemberian informasi dan konsep penting tentang google site serta cara pembuatan dan pemanfaatannya agar dapat dimengerti dan dikuasai oleh guru bimbingan dan konseling yang mengikuti kegiatan., 2) Demonstrasi: menunjukkan tahapan proses kinerja google sites serta penerapannya kepada peserta kegiatan, 3) Simulasi dan pendampingan: Peserta mencobakan membuat google site dan merancangnya untuk pelayanan, dan  4) Refleksi: tahapan akhir kegiatan dengan mengevaluasi pemahaman peserta kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah bertambahnya wawasan dan keterampilan guru bimbingan dan konseling dalam menggunakan teknologi dalam memberikan layanan yang bersifat klasikal selama pembelajaran daring dalam hal ini berupa penggunaan google site untuk pelayanan jarak jauh.

Keywords

Google Sites Pelayanan Jarak Jauh

Article Details

How to Cite
Sarman, F., & Asradi, A. (2022). Pendampingan pembuatan menggunakan google sites dalam membantu pelayanan jarak jauh. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 29-34. https://doi.org/10.32505/connection.v2i1.4057

References

  1. Andriani, R., & Oktasari, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi alat ungkap masalah (AUM) PTSDL SERI SLTP untuk pemetaan masalah belajar Siswa. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36-41.
  2. Astiti, P., Suminar, J. R., & Rahmat, A. (2018). Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 6 (1), 1-9. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.7738.
  3. Beta, A. R. Zurqoni. (2021). Learning Management System (LMS) bases on Google Sites as an Effentive Learning Media During the Covid Pandemic. Proceedings International Education Webinar of IAIN Palopo (PROCEEDINGS IEWIP) I.
  4. Handarini, O.K. & Wulandari, S.S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 8 No. 3.
  5. Lestari, Selvy Windy. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Masa Pandemi Ditinjau dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 3.
  6. Marimbun, M. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa Melalui Bimbingan Kelompok Topik Tugas. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 8(1), 54-65.
  7. Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.
  8. Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
  9. Nurmalita, M. (2022). Efektifitas Pembelajaran Pancasila berbasis Google Site berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan kemampuan berfikir kritis Mahasiswa. Jurnal IDEA: Pendidikan Sosial dan Budaya. Vol. 8 No. 1.
  10. Rahman, S. Munawar, W. & Berman, E.T. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website pada proses Pembelajaran Produktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 1 No. 1. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746.
  11. Sofyana & Abdul. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86. http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204.
  12. Suyantiningsih. (2003). Sistem Pendidikan Jarak Jauh Interaktif: Urgensi Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh (Distance Education). Journal Dinamika Pendidikan. No 1 tahun X 1-11.
  13. Taufik, M, Dkk. (2008). Pelatihan Media Pembelajaran berbasis WEB kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 77-81.
  14. Yusra, A. (2021). Penerapan play therapy dalam mengembangkan interaksi sosial siswa di SMPN 8 Kota Jambi. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42-50.