Main Article Content

Abstract

Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada tahun 2022 ada 226 kasus kekerasan fisik, psikis, termasuk perundungan. Dengan mudahnya akses informasi didunia maya dan juga buruknya lingkungan menjadi penyebab dari bullying di sekolah. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman siswa akan dampak bullying dan cara pencegahannya. Kegiatan pengabdian ini sebagai bentuk pencegahan terhadap tindakan bullying dengan memberikan psikoedukasi pemahaman tentang bullying pada siswa sekolah dasar Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah, yang menjadi sasaran pada kegiatan ini adalah siswa kelas V dan kelas VI. Metode pelaksanaan yang digunakan pada psikoedukasi tentang pengertian, penyebab, dampak, bentuk-bentuk, hukuman, dan cara pencegahan bullying yaitu menggunakan media power point presentation, tanya jawab mengenai materi bullying dan juga dilakukan pre-test dan post-test menggunakan kuisioner. Dan hasil kegiatan ini terdapat perbedaan pemahaman akan bullying sebelum dan sesudah pemberian materi yaitu adanya peningkatan 25.6 % yang sebelumnya 26.7 % menjadi 52.3 % untuk kategori baik, untuk kategori sedang menurun 25.6 % yang sebelumnya 73.3 % menjadi 47.7 %, dan kategori kurang 0 %. Psikoedukasi tentang bullying yang telah dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian Masyarakat pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin, dapat meningkatkan pemahaman siswa dan siswi dengan memberikan penyuluhan tentang bullying yang meliputi pengertian, bentuk-bentuk bullying, penyebab bullying, dampak bullying dan cara pencegahan bullying.

Keywords

Bullying psikoedukasi pemahaman Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Hidayatullah, M., Ahda, A. Z., Aziza, E. N., Hairina, Y., & Mulyani, M. (2022). Psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman tentang bullying pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 61-70. https://doi.org/10.32505/connection.v2i2.4768

References

  1. Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Nabila Syah, S., Andi Restari, Y., Atikah, S., … Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454
  2. Andina, E. (2014). Budaya Kekerasan Antar Anak di Sekolah Dasar. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data Dan Informasi (P3DI), 6(9), 9–12. Retrieved from berkas.dpr.go.id/pengkajian/.../Info Singkat-VI-9-I-P3DI-Mei-2014-...
  3. Aso, L., Teambo, M., & Zahrani. (2021). Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Sosialisasi Peran Bahasa Daerah Dalam Pencegahan Dan Penangulangan Bahaya Virus Corona, 1(1), 101–107.
  4. Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(Vol 4, No 1 (2020)), 52–63. Retrieved from http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3119
  5. Karina, K., Hastuti, D., & Alfiasari, A. (2013). Perilaku Bullying dan Karakter Remaja serta Kaitannya dengan Karakteristik Keluarga dan Peer Group. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, Vol. 6, pp. 20–29. https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.1.20
  6. Marhan, C., Yunita, A., Pambudhi, Y. A., Sunarjo, I. S., Qalbi, L. S., & Abas, M. (2022). Program Psikoedukasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pencegahan Bullying Bagi Remaja. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 196-202.
  7. Mulyadi, B. (2014). Model pendidikan karakter dalam masyarakat Jepang. Jurnal Izumi, 3(1), 69-80.
  8. Presiden Republik Indonesia. (1999). Undang-Undang No . 39 Tahun 1999. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia, (39), 1–45.
  9. Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar 1945. 4(1), 1–12.
  10. Rizal Panggabean, D. (2015). Manajemen konflik berbasis sekolah dari sekolah Sukma Bangsa untuk Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.
  11. Yusma Indah Jayadi, Fatmawati Malappiang, K. U. (2022). PIRAMIDA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Prevention Of Bullying In Sd Inpres Balang-Balang Students. 1, 9–18.
  12. Yusra, A. (2021). Penerapan play therapy dalam mengembangkan interaksi sosial siswa di SMPN 8 Kota Jambi. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42-5
  13. Zubaeda. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.