Main Article Content

Abstract

pandemi, industri kecil menghadapi kondisi yang hampir sama dengan kondisi masyarakat industri secara keseluruhan. Tetapi ada hal yang membedakannya yaitu dalam memproduksi hingga memasarkan produk secara mandiri. Adanya pelatihan marketing yang diberikan untuk masyarakat industri kecil sangat berpengaruh dan mendukung dalam memasarkan produk ataupun pelayanan jasa ke konsumen dengan inovasi terobosan baru. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan langkah-langkah yang mudah dalam mengaplikasikan pemasaran digital yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, yang mana akan menciptakan daya tarik konsumen terhadap produk. Metode penerapan dari kegiatan ini dengan berdiskusi dan praktek langsung membuat caption untuk media sosial, latihan pengambilan foto untuk produk, pembentukan working group, penjualan secara online dan presentasi. Hasil dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman kepada pelaku UMKM terkait aspek penting yaitu digital economy serta industri kecil memiliki kesadaran untuk menerapkan digital marketing guna meningkatkan kualitas penjualan atau pemasaran produk dengan lebih mudah terutama untuk produk olahan nanas yang khas dari Desa Rimbo Panjang, Riau.


 

Keywords

Pemasaran UMKM Olahan Nanas

Article Details

How to Cite
Yonanda, H., Khadijah, K., Ikzaz, M. F., Rantasori, T. I., & Kurniawan, A. (2022). Pelatihan pemasaran digital olahan produk nanas dari UMKM Desa Rimbo Panjang Riau. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 71-77. https://doi.org/10.32505/connection.v2i2.4773

References

  1. Dadi, D. (2019). Local Ecology-Based Agroforestry Management: Building Effectiveness of Knowledge-Based Wetland Management. Jurnal Mantik, 3(3), 170-176.
  2. Dadi, D. (2020). Community Characteristics of Brown Planthopper (Nilaparvata lugens Stal) Predator Arthropoda Community in Agroforestry-Based Rice Fields. Budapest International Research in Dadi, D. (2020). Leuwikeris Agricultural Development In Supporting The Development Of Ecological Agriculture In Ciamis District. Enrichment: Journal of Management, 11(1, Novembe), 218-222
  3. Dadi, D. (2021). Oil Palm Plantation Expansion: An Overview of Social and Ecological Impacts in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 6550-6562.
  4. Damsar. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Kencana Prenada Media Group.
  5. Damsar. (2015). Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: Prenada Media Group. Exact Sciences (BirEx Journal), 2(4), 539-547.
  6. Kunyanti, S. A., & Mujiono, M. (2021). Community Empowerment-based Corporate Social Responsibility Program in Panglima Raja Village. International Journal on Social Science, Economics and Art, 11(1), 12-19.
  7. PrawiraW, R., Maulida, H., & Achmad, W. (2021). Narrating the Implementation of Social Welfare Community Program. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 228-235.
  8. Sidiq, R. S. S., & Achmad, R. W. W. (2020). Gender aspects in remote indigenous community empowerment program in Indonesia. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 2104– 2109. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201172
  9. Sidiq, R. S. S., Jalil, A., & Achmad, R. W. W. (2021). Virtual World Solidarity: How Social Solidarity is Built on the Crowdfunding Platform Kitabisa. com. Webology, 18(1), 192-202. Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
  10. Soetomo. (2012). pembangunan masyarakat merangkai sebuah kerangka. yogyakarta: pustaka pelajar.
  11. Sudrajat, A. R., Sumaryana, A., Buchari, R. A., & Tahjan, T. (2018). Perumusan Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional di Kabupaten Sumedang. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 6(1), 53-67.
  12. Sudrajat, A. R., Sumaryana, A., Buchari, R. A., & Tahjan, T. (2019). Pengamatan Lingkungan Pengelolaan Pasar Tradisional di Kabupaten Sumedang. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 9(1), 31-42. Syafrizal, S. (2019). Pengembangan Potensi Dusun Iii Teluk Jering Menjadi Kawasan Wisata Berbasiskan Culture Daerah Aliran Sungai Kabupaten Kampar.
  13. Syafrizal, S., & Resdati, R. (2020). Partisipasi Masyarakat dalam Restorasi Gambut di Desa Rimbo Panjang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 712-720.
  14. Syafrizal, S., & Resdati, R. (2021, February). Restorasi gambut berbasis pembedayaan masyarakat. In prosiding seminar nasional lppm ump (pp. 596-601).
  15. Yanti, R., Syahza, A., Hidir, A., & Suwondo, S. (2018). The communication model of forest management based on environmental awareness. Management of Environmental Quality: An International Journal.