Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu klien dalam menyelesaikan permasalahanya dan memberikan pemahaman melalui dinamika kelompok yang membahas mengenai perencanaan masa depan anak dengan latar belakang keluarga dan kecerdasan yang berbeda-beda. Metode yang digunakan adalah melakukan sosialisasi serta diskusi manfaat pelayanan bimbingan dan konseling, dan penerapan layanan konseling kelompok. Hasil pengabdian ini adalah terwujudnya perubahan pemikiran anak-anak panti dalam menentukan pilihan masa depan yang tepat tanpa memikirkan latar belakang keluarganya. Serta menciptakan tekat dan strategi pemilihan pendidikan yang linier dengan keinginan dan kemampuanya.

Keywords

Konseling Kelompok Masa Hadapan Panti Asuhan

Article Details

How to Cite
Ula, N., Novita, N., Khairunisa, K., Indra, S., & Jarnawi, J. (2023). Penerapan program konseling kelompok dalam perencanaan masa hadapan anak-anak Panti Asuhan Permata Camar di Kuantan, Pahang. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55-59. https://doi.org/10.32505/connection.v3i2.7657

References

  1. Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130. https://doi.org/10.37567/pkm.v2i3.1127
  2. Indrawati, I. (2021). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18363
  3. Ningtiyas, A., & Wahyudi. (2020). Layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13–16.
  4. Pasuria, S., & Triwahyuningtyas, N. (2022). Pengaruh Angkatan Kerja, Pendidikan, Upah Minimum, Dan Produk Domestik Bruto Terhadap Pengangguran Di Indonesia. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 795–808. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.94
  5. Sandri, R. (2019). Penerapan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(1), 51. https://doi.org/10.18860/psi.v12i1.6395
  6. Sapitri, N. A. E., & Suhartini, A. M. (2022). Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran di ASEAN-5 tahun 2006-2019 dengan Regresi Data Panel. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 1103–1114. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1358
  7. Sulistiyono, J. (2022). Buku Panduan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Untuk Mengatasi Kedisiplinan Masuk Sekolah. Penerbit P4I.
  8. Fadhlullah, Z., & Karneli, Y. (2023). Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Teraphy untuk Remaja Kecanduan K-pop. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(4), 424-430.
  9. Istiadah, F. N. L., & Nurfarhanah, N. (2023). Efektivitas Metode Phototherapy Dalam Layanan Konseling Kelompok. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1626-1629.
  10. Hasyim, H. (2021). Pengaruh religiusitas terhadap perencanaan karir mahasiswa UIN Suska Riau dengan efikasi diri sebagai variabel intervening. Al-Iqtishad, 17(1), 35-58.