Main Article Content
Abstract
Maraknya kasus perundungan akhir-akhir ini di sekolah hendaknya menjadi perhatian besar bagi pendidik. Dalam rangka mengatasi perundungan di sekolah perlu adanya peran dan upaya-upaya guru bimbingan dan konseling yang terintegrasi dan berkelanjutan. Pelaksanaan pemberian bimbingan dan konseling kepada peserta didik sebagai pelaku dan korban perundungan bisa menggunakan format konseling kelompok , individual maupun klasikal. Oleh karena itu, guru BK hendaknya bisa menyesuaikan pemberian layanan dengan karakteristik peserta didik yang masuk generasi Z. Karakteristik peserta didik ini gemar menggunakan internet dalam kehidupan kesehariannya. Booklet dipilih sebagai salah satu media yang akan digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Sehingga dalam kegiatan pengabdian ini guru BK sebagai peserta pelatihan dapat menguasai dan terampil membuat booklet anti perundungan yang nantinya akan diakses oleh peserta didik. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendampingan. Peserta akan didampingi oleh tim pengabdian dalam proses pembuatan booklet anti perundungan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu, guru BK sudah mampu membuat booklet anti perundungan melalui aplikasi flipbook. Booklet yang sudah dibuat oleh guru BK dapat digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling dengan format individu, kelompok maupun klasikal.
Keywords
Article Details
References
- Ariani Anwar, D., Yusuf, A., & Ilham Bakhtiar, M. (2023). Pengembangan Media Konseling Berbasis Booklet Digital dalam Mengurangi Perilaku Menyontek. 5(1). https://doi.org/10.31960/konseling.v4i1.1999
- Cantone, E., Piras, A. P., Vellante, M., Preti, A., Daníelsdóttir, S., D’Aloja, E., ... & Bhugra, D. (2015). Interventions on bullying and cyberbullying in schools: A systematic review. Clinical practice and epidemiology in mental health: CP & EMH, 11(Suppl 1 M4), 58.
- Coloroso, B. (2007). Extraordinary Evil: A Brief History of Genocide... and Why It Matters. Publisher not available.
- Huda, D., & Nugraha, A. (2023). Pengembangan Media Booklet dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Leadership IPM Siswa SMP. Implementation of Islamic Counseling, 1(2), 71–84. https://doi.org/10.57081/iic.v1i2.49
- Ismaili, E. (2014). Consequences of bullying on students affected by this phenomenon. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 3.
- Kodish, T., Herres, J., Shearer, A., Atte, T., Fein, J., & Diamond, G. (2016). Bullying, depression, and suicide risk in a pediatric primary care sample. Crisis.
- Kosanke, R. M. (2019). Tinjauan Umum Tentang Perundungan (Bullying). Kriminologi, 5, 61– 62.
- Kusmini, U., & Zulyanti, Z. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Film Pendek Untuk Mengurangi Tindakan Bullying Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Sukaraja Kabupaten Sukabumi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(6), 228-236.
- Nickerson, A. B., Randa, R., Jimerson, S., & Guerra, N. G. (2021). Safe places to learn: Advances in school safety research and practice. School psychology review, 50(2-3), 158-171.
- Olweus, D., & Limber, S. P. (2010). Bullying in school: evaluation and dissemination of the Olweus Bullying Prevention Program. American journal of Orthopsychiatry, 80(1), 124.
- Pratiwi, N. K. D. W. (2023). BUKAN HANYA LUKA LUAR: MEMBEDAH REALITA DAN DAMPAK PSIKOLOGIS BULLYING DI INDOMESIA. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 1(4), 123-125.
- Rahmi, R., Dwi Sucipto, S., Sari Dewi, R., Anita Puriani, R., & Fajar Tanjung, R. (2023). Bulletin of Counseling and Psychotherapy Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook Pada Mata Kuliah Pembelajaran Sosial Emosional. https://doi.org/10.19109/es4yf244
- Suryadi, S., & Nasution, M. (2019). Konseling Individual Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Pada Perbedaan Gender di MTs Negeri Sleman Maguwoharjo Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(1), 54-67.
- Sutanto, L. (2008). Eksplorasi Motif-motif dan Mind Skill dalam Diri Konselor: Materi dalam Penajaman Keterampilan Konseling. Malang: tidak diterbitkan.
- Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265