Pendampingan Kader Santri Dayah dalam Pengelolaan Website Berorientasi Moderasi Beragama di Kota Langsa

  • T. Wildan Pemikiran Politik Islam, Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Langsa
  • Nur Raihan Ilmu Hadis, Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Langsa
Keywords: Religious Moderation, Santri, Participatory Action Research

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk menjawab tantangan dalam menyebarluaskan nilai-nilai moderasi beragama di era digital, khususnya di Kota Langsa. Moderasi beragama merupakan konsep penting dalam menciptakan harmoni sosial, toleransi, dan kerukunan antarumat beragama, namun sering kali terancam oleh narasi radikalisme di dunia maya. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi kader santri Dayah Raudhatun Najah dalam membangun dan mengelola website sebagai media edukasi berbasis nilai-nilai moderasi beragama. Pendekatan Participatory Action Research (PAR) digunakan dalam pelaksanaan program ini, yang melibatkan santri sebagai agen utama. Tahapan kegiatan mencakup sosialisasi, pelatihan pembuatan website, pendampingan pengelolaan konten, serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan santri, terutama dalam pembuatan dan pengelolaan konten berbasis moderasi. Website https://metuwah.com yang dihasilkan menjadi platform strategis untuk menyebarkan informasi terkait moderasi beragama dan melawan narasi radikalisme di dunia maya. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelibatan aktif santri dan dukungan dari pihak pesantren serta pemangku kepentingan merupakan faktor utama keberhasilan program. Untuk memastikan keberlanjutan program, diperlukan pelatihan lanjutan, evaluasi berkala, dan pengembangan kebijakan moderasi beragama secara daring. Kolaborasi dengan lembaga pemerintah, organisasi masyarakat, dan komunitas pesantren diharapkan dapat memperluas dampak positif program ini.

References

Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Februari.

Al Zamzami, M. (2019). Konsep Moderasi Dakwah dalam M. Quraish Shihab Official Website. Jurnal Bimas Islam, 12(1). https://doi.org/10.37302/jbi.v12i1.98

Arif, K. M. (2021). Concept and Implementation of Religious Moderation in Indonesia. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(1).

Duijs, S. E., Baur, V. E., & Abma, T. A. (2021). Why action needs compassion: Creating space for experiences of powerlessness and suffering in participatory action research. Action Research, 19(3). https://doi.org/10.1177/1476750319844577

Fine, M., & Torre, M. E. (2019). Critical Participatory Action Research: A Feminist Project for Validity and Solidarity. Psychology of Women Quarterly, 43(4). https://doi.org/10.1177/0361684319865255

Hapsari, J. P., Khosyi’in, M., & Badie’ah, B. (2022). Pembuatan dan Pendampingan Pengelolaan Website Sekolah KB-TK Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 22. https://doi.org/10.30659/ijocs.4.1.22-30

Hariono, T., Fadhli, K., Farid Nasrulloh, M., Syifaunnajah, A., Qomarudin Ahsan, A., Kholil Asy, M., & Andriyanto Cahyo Nugroho, A. (2022). Peningkatan Promosi Lembaga Pendidikan Melalui Pendampingan Pembuatan Website Sekolah. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Kementrian Agama. (2019). Moderasi Beragama Kemenag RI. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat.

Kurniawan, Y. I., Chasanah, N., Nofiyati, N., & Rakhman, A. Z. (2022). Peningkatan Literasi Media dan Pelatihan Pengelolaan Website Sekolah Di SMP Negeri 2 Kalimanah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3

M. Nurdin, S. (2020). Dayah & Moderasi Dakwah di Aceh (suatu kajian terhadap dakwah di era digital). Jurnal Bimas Islam, 13(1). https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.105

Massoweang, A. K. (2020). Merajut Moderasi Beragama dari Tradisi Pesantren. PUSAKA, 8(2). https://doi.org/10.31969/pusaka.v8i2.421

Muhammad Yazid Asshidqi, Aulia Nur Hanifa, & Muhammad Miqdam Makfi. (2023). PENGARUH AKTIVITAS KEBERAGAMAAN TERHADAP IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(1). https://doi.org/10.20885/tullab.vol5.iss1.art8

Muna, M. N. (2020). MODERATE ISLAM IN LOCAL CULTURE ACCULTURATION: The Strategy of Walisongo’s Islamization. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 7(2). https://doi.org/10.19105/islamuna.v7i2.3661

Onsrud, S. V., Fredriksen, B., Rinholm, H., & Lindgren, M. (2023). The multiplicity of preservice music teachers’ positioning in a participatory action research project. Research Studies in Music Education, 45(2). https://doi.org/10.1177/1321103X221089838

Pettican, A., Goodman, B., Bryant, W., Beresford, P., Freeman, P., Gladwell, V., Kilbride, C., & Speed, E. (2023). Doing together: reflections on facilitating the co-production of participatory action research with marginalised populations. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 15(2). https://doi.org/10.1080/2159676X.2022.2146164

Ramila, R., Fatoni, F., Amalia, R., & Raihan, M. (2023). Pelatihan Pengembangan dan Penggunaan Website Sekolah SMA Fitra Abdi Palembang. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.993

Robinson, D. B., Harenberg, S., Walters, W., Barrett, J., Cudmore, A., Fahie, K., & Zakaria, T. (2023). Game Changers: A participatory action research project for/with students with disabilities in school sport settings. Frontiers in Sports and Active Living, 5. https://doi.org/10.3389/fspor.2023.1150130

Taufiq, F., & Alkholid, A. M. (2022). Peran Kementerian Agama dalam mempromosikan moderasi beragama di era digital. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 134–147. https://doi.org/10.21580/jid.v41.2.9364

Tentua, M. N., & Saputra, N. (2020). PENGEMBANGAN DAN PENDAMPINGAN WEBSITE TK ABA AN-NUR. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.31316/jbm.v2i1.343

Wright, P. (2021). Transforming mathematics classroom practice through participatory action research. Journal of Mathematics Teacher Education, 24(2). https://doi.org/10.1007/s10857-019-09452-1

Published
2025-04-30