Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Kota Mataram

  • Dahlia Bonang UIN Mataram
Keywords: Financial Literacy, Financial Planning

Abstract

Literasi keuangan dan perencanaan keuangan bagi setiap keluarga indonesia merupakan hal yang penting. Hal ini disebabkan karena keluarga merupakan salah satu pilar perekonomian dimana kesehatan keuangan keluraga akan memberikan pengaruh terhadap kesehatan keuangan negara secara keseluruhan. Jika bedasarkan provinsi, indeks literasi keuangan NTB berada di urutan 17 dari 34 provinsi di Indonesia yaitu sebesar 21,45 %. Angka ini menandakan bahwa masih rendahnya pemahaman, pengetahuan dan akses masyarakat di NTB terhadap Lembaga, produk, dan jasa keuangan. Oleh sebab itu hendaknya edukasi keuangan dan pembangunan infrasturktur pendukung dilakukan terus menerus sehingga literasi keuangan masyarakat bisa mencapai well literate.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini  menggunakan sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling  dikarenakan untuk efesiensi penelitian.

Hasil output dari uji F diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 4,516 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,036. Tingkat signifikansi 0,036  <0,05 maka  dapat diinterpretasikan bahwa ada pengaruh variabel literasi keuangan (X) terhadap variabel perencanaan keuangan keluarga (Y). Demikian pula dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang kedua dengan uji T. Hasil output dari uji T dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 2,125.  Kemudian setelah t hitung dibandingkan  dengan t tabel yang memiliki nilai sebesar 

1,980.  Dengan  nilai t hitung 2,125 > t tabel 1,980 dapat disimpulkan  bahwa Ho diterima yang berarti bahwa “ada pengaruh literasi keuangan (X) terhadap perencanaan keuangan keluarga (Y).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-14
How to Cite
Bonang, D. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Kota Mataram. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, 4(2), 155-165. https://doi.org/10.32505/v4i2.1256