Main Article Content
Abstract
Tulisan ini menguraikan beberapa temuan berkaitan dengan hambatan-hambatan yang dialami oleh guru BK dalam melaksanakan Aplikasi Instrumentasi di sekolah ditinjau dari faktor yang berasal dari dalam diri maupun luar diri Guru BK serta upaya mengentaskan hambatan-hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa ada beberapa hambatan-hambatan yang dialami oleh Guru BK yang berasal dari dalam diri maupun dari luar diri dengan persentase sub aspek diatas rata-rata aspek. Serta upaya dalam yang dilakukan Guru BK dalam mengentaskan hambatan-hambatan tersebut sudah baik dengan angka rata-rata sub aspek diatas angka rata-rata aspek.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Kamaluddin. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447-454. Retrieved from https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/40/37
- Komalasari, G., & dkk. (2011). Assesmen Teknik Non-Tes dalam Perspektif BK Komperhensif. Jakarta: Indeks.
- Panduan Pengembangan Diri untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (2006). Padang: Universitas Negeri Padang.
- Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. PSIKOPEDAGOGIA, 4(3), 143-151. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/viewFile/4493/2522
- Prayitno. (2006). Seri Kegiatan Pendukung Konseling (P1-P6). Padang: UNP Press.
- Purwati, S., & Tarji, I. (2012). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Fun Game Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Didepan Kelas. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 81-87. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/download/684/667/
- Putera, J. M., & Muis, T. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Aplikasi Instrumentasi Bimbingan Dan Konseling Di Smp Dan Sma Negeri Kota Sumenep. Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1(1), 100-110. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/1937/5343
- Saragi, M. P., & Suryani, R. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berjenis Kelamin Perempuan dan Laki-Laki SMK Swasta Bandung. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1), 60-68. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/3197
- Saragi, M. P., Iswari, M., & Mudjiran. (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(1), 1-14. doi:10.24036/02016516477-0-00
- Sudjana, N., & Ibrahim. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.