Main Article Content

Abstract

Efektifitas komunikasi orang tua sangat penting bagi kehidupan anak, apalagi seperti di zaman sekarang ini dimana anak banyak yang telah lalai dengan kemajuan teknologi yang memicu perubahan zaman. Sehingga banyak perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat yang sangat cepat sekali diterima. hal inilah yang memicu para orang tua untuk lebih memperhatikan anak mereka agar tidak terjerumus dengan perubahan zaman yang bersifat negatif, dengan cara komunikasi yang efektif bagi orang tua serta bersifat aktif diharapakan dapat membentuk karakter anak yang baik, terutama perbuatan anak yang bersifat religius. Penulis tertarik memilih judul ini di karenakan orang tua merupakan sebuah contoh atau cerminan bagi anak, jika orang tua mengajarkan hal yang baik maka anak akan menirunya. Apalagi peranan orang tua itu dibutuhkan dalam membentuk karakter anak yang akan dijadikan bekal bagi anak untuk hidup bermasyarakat kelak. Disini peneliti melihat dari segi efektifitasnya berkomunikasi orang tua kepada anak. Mengenai metodelogi penelitiannya penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, dimana penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu penelitian yang bermaksud memberikan uraian mengenai suatu gejala sosial dengan menggunakan ukuran perasaan sebagai dasar penelitian. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah efektifitasnya komunikasi orang tua yang bersikap proaktif, orang tua yang relegius dan orang tua yang bersikap empati terhadap anaknya bisa menjadi cara untuk mengajarkan anaknya tentang agama sehingga sudah terlihat banyak diantara anak-anak telah melakukan shalat berjama’ah, sudah jarang terlihat seorang anak di kampung kesehatan melanggar norma dan adat yang berlaku dimasyarakat.

Keywords

Efektifitas Komunikasi Orang Tua Agama

Article Details

How to Cite
Armayanti, J. (2019). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Penerapan Ajaran Agama Kepada Anak. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 10(2), 41-58. https://doi.org/10.32505/hikmah.v10i2.1714

References

  1. Agoes Dariyo, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung: Refika Aditama, 2007.
  2. Alex Sobur, Pembinaan Anak Dalam Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.
  3. Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004.
  4. Dwi Hastuti. Membangun Bangsa Berkarakter. Makalah. Dalam: Seminar Pendidikan Karakter. 2004.
  5. http://lidia91.wordpress.com/2009/12/28/peran-orang-tua-dalam-penerapan-pendidikan-moral-danagama-pada-anak/
  6. http://noerhulmuflichatoez.blogspot.com/2012/06/pentingkah-pendidikan-agama-bagimoral.html.
  7. Lestari G, Komunikasi yang Efektif, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2003.
  8. Muhammad mufid. Etika dan Filsafat komunikasi, Jakarta: kencana prenada media group, 2010
  9. Nurani Soyomukti, Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media: 2012
  10. Soemiarti Patmonodewo. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
  11. Suranto, Komunikasi Perkantoran, Yogyakarta: Media Wacana, 2005.
  12. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2002.
  13. Tommy Suprapto, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi Yogyakarta: Medpress, 2005.
  14. Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.