Hegemoni Media Massa dan Pentingnya Membangun Kompetensi Khalayak
Abstract
Kepemilikan media massa menjadi alat yang paling efektif dalam mengejar globalisasi dan hegemoni penguasa elit Atas khayak. Akibatnya media massa tidak memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses produksi, yang menyebabkan kesenjangan antara media massa dan khalayak. Kemampuan literasi media bagi masyarakat yang hidup ditengah-tengah dunia sesak media (media satuarated world) dan pengaruh Hegemoni dipandang sebagai kebutuhan yang sangat mendesak untuk membangun kompetensi khalayak dalam mengendalikan isi media untuk kehidupan yang lebih baik.
Downloads
References
Clara Novita A, Literasi Media baru dan penyebaran informasi HOAX, Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, Tesis, 2015, tidak dipublikasikan
Herlina, D. (2011). Gerakan Literasi Media Indonesia. Yogyakarta: Rumah Sinema
Idi Subandi dan Bachruddin Ali Akhmad, Komunikasi dan komodifikasi, (Jakarta: Yayasan Pustakan Obor Indonesia), 2014
Muhamad Heychel, Mukjizat televise, dalam Yovantra Arief, Orde Media, 2015, Yogyakarta, Insist press
Roy Thaniago, Orde Media : sebuah Pengantar dalam Yovantra Arief , Orde Media, Yogyakarta : Insistpress, 2015
Suprati, E. (2011). Pelatihan Literasi Media dengan Metode Kreatif untuk Remaja. Yogyakarta: Rumah Sinema
Yosal Iriantara, 2009, Literasi Media, Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Zamroni, M., & Sukiratnasari. (2011). KPID DIY Membumikan Literasi Media Bagi Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. In D. Herlina, Gerakan Literasi Media Indonesia . Yogyakarta: Rumah Sinema