Hegemoni Media Massa dan Pentingnya Membangun Kompetensi Khalayak

  • Samsuar Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Indonesia
Keywords: Media, Hegemoni, Literasi, Komunikasi

Abstract

Kepemilikan media massa menjadi alat yang paling efektif dalam mengejar globalisasi dan hegemoni penguasa elit Atas khayak. Akibatnya media massa tidak memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses produksi, yang menyebabkan kesenjangan antara media massa dan khalayak. Kemampuan literasi media bagi masyarakat yang hidup ditengah-tengah dunia sesak media (media satuarated world) dan pengaruh Hegemoni dipandang sebagai kebutuhan yang sangat mendesak untuk membangun kompetensi khalayak dalam mengendalikan isi media untuk kehidupan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clara Novita A, Literasi Media baru dan penyebaran informasi HOAX, Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, Tesis, 2015, tidak dipublikasikan

Herlina, D. (2011). Gerakan Literasi Media Indonesia. Yogyakarta: Rumah Sinema

Idi Subandi dan Bachruddin Ali Akhmad, Komunikasi dan komodifikasi, (Jakarta: Yayasan Pustakan Obor Indonesia), 2014

Muhamad Heychel, Mukjizat televise, dalam Yovantra Arief, Orde Media, 2015, Yogyakarta, Insist press

Roy Thaniago, Orde Media : sebuah Pengantar dalam Yovantra Arief , Orde Media, Yogyakarta : Insistpress, 2015

Suprati, E. (2011). Pelatihan Literasi Media dengan Metode Kreatif untuk Remaja. Yogyakarta: Rumah Sinema

Yosal Iriantara, 2009, Literasi Media, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Zamroni, M., & Sukiratnasari. (2011). KPID DIY Membumikan Literasi Media Bagi Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. In D. Herlina, Gerakan Literasi Media Indonesia . Yogyakarta: Rumah Sinema

Published
2018-06-25
How to Cite
Samsuar. (2018). Hegemoni Media Massa dan Pentingnya Membangun Kompetensi Khalayak. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 9(1), 12-23. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i1.1723