Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi dewasa ini turut memberikan berbagai dampak positif dan negatif terhadap penyampaian sebuah  pesan melalui media. Dimana pesan atau informasi yang ingin disampaikan melalui media  sangat cepat untuk di ketahui khalayak. Terlebih pada media massa, informasi tersebut menyebar diberbagai media massa seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, berita online tanpa proses filterisasi sebuah pesan. Padahal kebenaran dari sebuah pesan akan mempengaruhi fikiran, emosi dan kepercayaan seseorang atau sekelompok orang dalam bertindak. Apabila pesan atau informasi tersebut berisi nilai kebohongan (hoax) maka akan mempengaruhi kredibilitas sebuah media sebagai alat untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi. Sehingga media yang dalam hal ini bertindak sebagai perantara akan terancam reputasinya dan kepercayaan dari komunikan atau publik sebagai sebuah alat.

Keywords

Ancaman Hoax Media Massa

Article Details

How to Cite
Gandhi, A. M. (2018). Ancaman Hoax Terhadap Media Massa. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 9(1), 24-36. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i1.1724

References

  1. Arismunandar, Satrio, 2012, Peran Media Massa dalam Pembentukan Karakter Bangsa, TP.
  2. Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact: An Introduction to Mass Media, 9th. Penerjemah Mochammad Irfan dan Wulung Wira M. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa, Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.
  3. Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Radja Grafindo Persada.
  4. Choo, C. W., Detlor, B., & Turnbull, D. (1999). Information Seeking on the Web–An Integrated Model of Browsing and Searching. ASIS Annual Meeting, 5(2), 1–15.
  5. Clara Novita, Literasi Media Baru Dan Penyebaran Informasi Hoax studi Fenomenologi Pada Pengguna Whatsapp Dalam Penyebaran Informasi Hoax Periode Januari-maret 2015, (tesis Universitas Gadjah Mada, 2016).
  6. Jalaluddin, Rakhmat, 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Lazonder, A. W., Biemans, H. J. a, & Wopereis, I. G. J. H. (2000). Differences between novice and experienced users in search information on the World Wide Web.
  8. Masduki, 2007, Regulasi Penyiaran : dari Otorite ke Liberal, Yokyakarta : Lkis
  9. Rafi, M., 2017, Jurnal : ANALISIS PENYEBARAN BERITA HOAX DI INDONESIA, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  10. Respati, S. (2017, January 23). Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita “Hoax”? Kompas.com. Retrieved from
  11. Wiryawan, Hari, 2007, Dasar-dasar Hukum Media, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  12. Pakpahan, Roida (2017) Analisis Fenomena Hoax Diberbagai Media Sosial Dan Cara Menanggulangi Hoax. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST). pp. 479~484.
  13. https://mubarok01.wordpress.com/2013/05/29/mediamassasaatini