Main Article Content

Abstract

Keilmuan komunikasi tidak dapat dipungkiri adalah hasil dari beberapa teori keilmuan sosial. Dimana ilmu sosial adalah induk dari ilmu komunikasi. Kajian dan sumbangan pemikiran Auguste Comte, Durkhein, Talcott Parson dan Robert K. Merton merupakan sumbangan paradigma fungsional bagi lahirnya teori-teori komunikasi yang beraliran struktural-fungsional. Sumbangan-sumbangan pemikiran Karl Marx dan Habermas menyumbangkan paradigma konflik bagi lahirnya teori-teori konflik dan teori kritis dalam kajian ilmu komunikasi. (Burhan Bungin, 2008: 235) Perkembangan ilmu komunikasi di Indonesia saat ini dipengaruhi oleh tiga paradigma besar, yaitu : Pertama, Paradigma Teori Konvensional, Kedua, Paradigma Kritis dan Perspektif Komunikasi, Ketiga, Paradigma Teknologi Media. Tulisan ini akan meninjau komunikasi dalam paradigma komunikasi massa.

Keywords

Komunikasi Publisitas Komunikasi Massa

Article Details

How to Cite
Deni P, I. F. (2018). Komunikasi dan Publisitas Ditinjau Dalam Komunikasi Massa. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 9(2), 13-25. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i2.1736

References

  1. Bungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi Jakarta: Prenada Media Group, 2008
  2. Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2007
  3. Changara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998
  4. Effendy, Onong Uchjana, Dinamika Komunikasi Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
  5. Effendy, Onong Uchjana Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Bandung: Rosdakarya, 2004
  6. Effendy, Onong Uchjana, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2003
  7. J.E. Wahyudi, Media Komunikasi Massa Televisi Bandung: Alumni, 1986
  8. K., Lombard, M., Snyder-duch, J., Bracken, C. C., Lazarsfeld, P. F., Merton, R. K., … Bandura, A. (2002). Translation and mass-communication: Film and T.V. translation as evidence of cultural dynamics. Human Communication Research, Vol. 26 Relevansi Teori, 5(2).
  9. Lazarsfeld, P. F., & Merton, R. K. (1948). Mass communication, popular taste and organized social action. Media Studies: A Reader, 2nd Edn.(Edinburgh: Edinburgh University Press, 1999), (1948)
  10. Lesly, Philip, Public Reletions Handbook. New York: Pantice Hall. 1992.
  11. liliweri, Alo, Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011
  12. Littlejohn, S. W., & Foss, K. a. (2008). Communication Theory and Scholarship. Theories of Human Communication, 2–11. Retrieved from
  13. Mulyadi, U., Mi, E. S., Kom, M. I., K, D. M., Si, M., Si, M., … Sos, S. 2015.
  14. Mulyana, Dedy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007
  15. Purwanto, Djoko, Komunikasi Bisnis Jakarta: Erlangga, 2003