Main Article Content

Abstract

Berkembanganya konsep interaksi dan komunikasi sering dipergunakan tetapi mungkin diartikan secara berbeda-beda. Pada kenyataanya konsep interaksi akan berkembang menjadi interaksi sosial dan berujung pada aktivitas berupa komunikasi dan melalui komunikasi individu akan merasakan kepuasan, kesenangan atau mendapatkan pengetahuan (informasi) yang akan menunjang terhadap perkembangan individu. Selanjutnya interaksi simbolik juga tidak bisa dilepaskan dari proses komunikasi, karena awalnya makna itu tidak ada artinya, sampai pada akhirnya di konstruksi secara interpretif oleh individu melalui proses interaksi, untuk menciptakan makna yang dapat disepakati secara bersama dimana asumsi-asumsi itu adalah sebagai berikut: Manusia bertindak terhadap manusia lainnya berdasarkan makna yang diberikan orang lain kepada mereka serta konvergensi simbolik didasarkan pada gagasan bahwa para anggota dalam kelompok harus bertukar fantasi dalam rangka untuk membentuk kelompok yang kohesif artinya individu terlibat dalam berkomunikasi untuk bertukar pengalaman-pengalaman.

Keywords

Interaksi Komunikasi

Article Details

How to Cite
Suheri. (2018). Makna Interaksi Dalam Komunikasi (Teori Interaksi Simbolik dan Teori Konvergensi Simbolik). Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 9(2), 52-63. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i2.1739

References

  1. Em Griffin, A First Look At Communication Theory, ed. 5th, New York: McGraw-Hill Companies, 1991.
  2. Littlejohn, Stephen.W. Theories of Human Communication.7 Edh. Wadsworth. 2002.
  3. Olufowote,James O. Rousing And Redirecting A Sleeping Giant (Symbolic Convergence Theory And Complexities In The Communicative Constitution Of Collective Action). Management Communication Quarterly, Vol. 19, No. 3, February 2006. Boston College, Chestnut Hill, 2006.
  4. Venus, Antar. Ernest Bormann dan Teori Konvergensi Simbolik. Jurnal ISKI Bandung Vol.1 No.1 Agustus 2007.
  5. Young, Denise. Bormann's Symbolic Convergence Theory (Paper). University of Colorado, 1998.