Main Article Content

Abstract

Indikasi pertumbuhan Jama’ah Tabligh di Indonesia secara jelas bisa dilihat dari semakin maraknya aktivitas mereka di tengah-tengah kaum muslim negeri ini, hingga anggota Jama’ah Tabligh sekarang dengan mudah dapat ditemukan di berbagai pelosok daerah di tanah air termasuk di Aceh. Kegiatan pada Jama’ah tabligh ini salah satunya dikenal dengan istilah Ta’lim. Ta’lim merupakan bagian dari komunikasi antarpribadi. Bentuk khusus dari komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi yang melibatkan dua orang atau lebih secara tatap-muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal ataupun nonverbal, seperti suami-isteri, dua sejawat, dua sahabat dekat, seorang guru dengan seorang muridnya, dan sebagainya. Tulisan ini akan melihat bagaimana bentuk komunikasi  para anggota ta’lim dari kalangan perempuan.

Keywords

Komunikasi Perempuan Jamaah Tabligh Agen Dakwah

Article Details

How to Cite
Sembiring, M. (2018). Komunikasi Perempuan Jamaah Tabligh Sebagai Agen Dakwah Di Kota Langsa. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 9(2), 64-83. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i2.1740

References

  1. Ali Jabir, Husain bin Muhammad bin. Menuju Jama’atul Muslimin. Jakarta: Robbani Press, 1987.
  2. An Nadhr. Khuruj Fi Sabilillah: Sarana Ummat Untuk Membentuk Sifat Imaniyyah. Bandung: Pustaka Billah, 1998.
  3. Ani. anggota perempuan Jamaah Tabligh Langsa, wawancara di Langsa, tanggal 16 September 2017.
  4. Effendy,Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2000.
  5. Hawa, Said. Strategi Aktivis Dakwah. Jakarta: Iqra Kurnia Gemilang, 2005.
  6. Mohd Nasir, Badlihisham. “Falsafah Dakwah Parti Islam SeMalaysia (PAS) : Satu Tinjauan” . Kertaskerja, Seminar Falsafah Dan Peradaban Pembangunan Di Alaf Baru, Bangi, Selangor, 11-12 September 2000.
  7. Muhammad Zin, Abdullah. “Dakwah Dan Perubahan Sosial Menuju Alaf Baru,” dalam Dakwah Dan Perubahan Sosial, ed. Fariza Md. Sham, Sulaiman Ibrahim, dan Ideris Endot. Kuala Lumpur : Utusan Publications & Distributors Sdn Bhd, 2000.
  8. Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
  9. Masturah. anggota perempuan Jamaah Tabligh Langsa, wawancara di Langsa, tanggal 16 September 2017.
  10. Ningsih. anggota Perempuan Jamaah Tabligh Langsa, wawancara di Langsa, tanggal 14 September 2017.
  11. Nuri. peserta ta’lim masturah, wawancara di Langsa, tanggal 25 September 2017.
  12. Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.
  13. Sumartono.Kecerdasan Komunikasi (Rahasia Hidup Sukses). Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2003.
  14. Sunarjo.Persuasi dan Retorika. Yogyakarta: Liberty, 1983.
  15. Umar, Husein. Metode Riset Komunikasi Organisasi: Sebuah Pendekatan Kuantitatif, Dilengkapi dengan contoh Proposal dan Hasil Riset Komunikasi Organisasi. Cet. 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.
  16. West, Richard and Lynn H. Turnrr. Introducing Communication Theory Analysis and Application, Edisi Ketiga. Singapore: Mc Graw Hill, 2007.
  17. Wardni. anggota Perempuan Jamaah Tabligh Langsa, wawancara di Langsa, tanggal 17 September 2017.