Main Article Content

Abstract

Efektivitas komunikasi Masyarakat di Perkebunan dapat kita satukan dalam bentuk masalah internal maupun eksternal. Efektivitas merupakan tujuan dari kemampuan untuk mendayagunakan sesuatu secara tepat, standar yang jelas dan dapat diterima secara universal, Konflik perusahaan masyarakat dan perkebunan adalah konflik sumber daya alam yang didasarkan pada perjuangan untuk sumber daya alam. Permasalahan ini bisa berdampak pada aspek sosial budaya hingga merujuk kepada permasalahan komunikasi. Kemampuan pendekatan permasalahan harus mampu penguasaan negoisasi, baik kemampuan dialog, kerendahan hati, kepercayaan, harapan dan pemikiran kritis, agar permasalah dalam kebun tidak meluas dan akan tidak menguntungan semua pihak.

Keywords

Efektivitas komunikasi konflik perkebunan

Article Details

How to Cite
Selamat Riadi. (2020). Globalisasi Komunikasi dan Dampak Sosial di Masyarakat Perkebunan (Studi Kasus Masyarakat Perkebunan di Sumatera Utara). AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 36-44. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1830

References

  1. Dahrendorf, R. (1986). Konflik dan konflik dalam masyarakat industri: Sebuah Analisa Kritik. Jakarta: Rajawali.
  2. Dharma, K.D. (2016). Struktur Fudamental Pedagogik (1 ed., Vol. 1). (M. D. Wildani, Penyunt.) Bandung: PT Refika Aditama.
  3. Dirman, C.J. (2014). Komunikasi Dengan Peserta Didik. Jakarta: PT Redika Cipta.
  4. Hasbiansyah. (1996). Effective Communication. Unisba Bandung: Moss, Stewart L.tubbs dan Sylvia.
  5. Heru, N. (2001). Negara, pasar dan Keadilan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  6. J, O. (2006). Perkembangan Pertanian di Indonesia. Yogyakarta: Gajah mada University Press. Onong, U. (1999). Komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Robbins, S. (2001). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Prenhallindo.
  8. Robert, L. (1994). Teori Sosioligi Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  9. Siagian, S. P. (1997). Filsafat Adminstrasi. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Soekanto, S. (2007). Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  11. Susetiawan. (2000). konflik Sosial Kajian Sosiologi hubungan buruh, Perusahaan dan Negara di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar offset.